Demonstrasi Protes Harga BBM, Persatuan Alumni 212 Bentangkan Spanduk Besar

Laporan: Zikri Maulana
Senin, 12 September 2022 | 14:30 WIB
Demonstrasi Alumni 212 Senin 12 September 2022 (SinPo.id/Zikri Mualana)
Demonstrasi Alumni 212 Senin 12 September 2022 (SinPo.id/Zikri Mualana)

SinPo.id -  Persatuan Alumni 212 (PA 212), Gerakan Nasional Pembela Rakyat (GNPR), dan Front Persaudaraan Islam (FPI) menggelar unjuk rasa penolakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dengan membentangkan spanduk besar  dengan tulisan Jokowi mundur. Aksi demontrasi mereka gelar di depan Kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat Senin, 12 September 2022.

Pantauan SinPo.id dilokasi sekitar pukul 13:20 WIB, mereka menggunakan mobil komando, massa aksi melantunkan sholawatan. Adapun beberapa tuntutan yang disampaikan dalam bentuk tulisan tersebut antara lain, Pertama, turunkan harga BBM. Kedua, Turunkan harga-harga dan terakhir, Tegakkan Supremasi Hukum.

Kuasa Hukum Rizieq Syihab, Aziz Yanuar sebelumnya mengatakan, aksi yang diberi nama Aksi 1209 itu akan dihadiri sejumlah elemen masyarakat.

"PA 212 informasinya akan terlibat, GNPF Ulama dan FPI (Front Persaudaraan Islam) juga InsyaAllah beserta banyak sekali elemen masyarakat lain,” kata Aziz dalam keterangannya, Minggu, 11 September 2022.

Aziz menjelaskan, ada tiga tuntutan dalam aksi yang digelar esok hari. Tiga tuntutan tersebut termaktub dalam Tritura (tiga tuntutan rakyat).

"Pertama, turunkan harga BBM. Kedua, Turunkan harga-harga dan terakhir, Tegakkan Supremasi Hukum,” ujar Aizs menambahkan.

Unjuk rasa yang dinamai dengan Aksi Bela Rakyat (Akbar) ini rencananya dimulai pada siang hari. "Kegiatan unjuk rasa dilangsungkan mulai pukul 13.00 WIB," katanya.sinpo

Komentar: