Dewan Pers SinPo

Hikajatnja ”Sin Po”

Laporan: Sinpo
Kamis, 08 September 2022 | 09:27 WIB
Koran Sin Po 8 September 1928, (SinPo.id/Monash University)
Koran Sin Po 8 September 1928, (SinPo.id/Monash University)

SinPo.id -  Koran Sin Po Kembali menegaskan sikap politik dalam pemberitaaan 8 September 1928. Koran didirikan kaum Tiong Hwa peranakan itu kembali menegaskan sebagai media independen berbahasa Melayu anti kolonialisme.

Tercatat Koran Sin Po  satu-satu media pelopor nasionalisme yang berani menuliskan kata “Indonesia”. Bahkan pada bulan Oktober pada tahun yang sama bertepatan dengan Sumpah Pemuda, koran itu menerbitkan teks lagu Indonesia Raya Karya WR Soepratman, yang merupakan koresponden resmi koran itu.

Hikajatnja ”Sin Po”

LEBIH njata dari banjak perkatahan ini doea gambar loekisken ”Sin Po” poenja hikajat dalem bebrapa belas taon. Itoe gedong ketjil dan sempit di Asemkade ada tempat dimana ”Sin Pc” terlahir sebagi satoe weekblad dan itoe'doea gedong besar di Asemkade ada gedong- jang digoenaken sekarang oleh ”Sin Po” dimana ada bekerdja bebrapa belas masin-masin tjitak, zet dan sebaginja.

“Sin Po” sekarang ada penerbit soerat kabar jang satoe-satoe[1]n j a di saloeroe Indonesia jang- ter[1]bitken ampat soerat kabar dengen berbareng dalem roepa-roepa bahasa, jalah dagblad ”Sin Po” dalem bahasa Melajoe; dagblad ”Sin Po” dalem ba[1]hasa Tionghoa; weekblad ”Sin Po" dan “De Chineesche Revue", tijdschrift dalem bahasa Blanda jang antara laen-laen dapet bantoean dari Dr. Erwin von Zach, satoe Sinoloog dengen internationale repu[1]tatie.

Ampir tida ada satoe tijdschrift tentang oeroesan Timoer jang ternama, dari apa Dr. E. von Zach tida mendjadi pembantoe jang dihargaken. Dalem hikajatnja pers Tionghoa Melajoe ”Sin Po’’ mempoenjai kadoedoekan jang loear biasa, sebab ia ada peroesahan Tionghoa di bawah pim[1]pinan Tionghoa dengen kapitaal Tionghoa meloeloe dan selaen dari itoe, ada samatjem practisch leer[1]school boeat journalistiek.

Kita tida perloe seboet di sini namanja journalist-journalist Tionghoa jang terpentjar di antero Indonesia, jang peladjarken A.B.C. dari journalistiek dalem „sarangnja” „Sin Po”. Banjak sekali soerat-soerat kabar Tionghoa-Melajoe jang dipimpin oleh bekas orang-orangnja „Sin Po" jang telah bantoe journalistieke vorming dari banjak sekali journalist-journal Hikajatnja ”Sin Po”.

”Sin Po”. 1. ”Gedong” dimana 18 taon berselang „Sin Po” terlahir. Seperti orang liat ”Sin Po” terlahir dalem satoe „oud-Hollandsch huisje” di Asemkade........... list dari roepa-roepa matjem, model dan ..........qualiteit. Ini boekannja „djasa” dan kaloe orang maoe namaken ini „djasa" ia tjoema djasa kabetoelan, tapi sering djasa jang besar tida lebih dari djasa jang „kabetoelan sadja.......... Peroesahan thee di Java.

Sebagi djoega peroesahan goela jang penting, begitoepoen peroesahan thee di Java dibawa kamari oleh orang Tionghoa. Koetika orang Blanda doedoekin Java, orang Tionghoa soeda kasi masoek thee ka sini.

Dalem taon 1828 Jacobson, satoe achli thee bangsa Blanda pergi ka Tiongkok boeat tjari taoe bagimana thee di sana dirawat dan ia balik dengen bawa banjak bibit thee Tionghoa jang ditanem di Tjisoeroepan.

Blakangan ia koendjoengin Tiongkok boeat kadoea kalinja dan ia balik ka Java dengen toekang-toeka.ng tanem thee bangsa Tionghoa jang dikerdjaken di onderneming Wanajasa (Cheribon) dan dari ia orang bangsa Blanda dapet peladjaran boekan sedikit bagimana moesti tanem thee, jang sekarang djadi satoe peroesahan penting di sini. I. O. Eiffeltoren di Parijs. Eiffeltoren, jalah itoe mertjoe dari besi jang terkenal di Parys dibikin oleh Ir. Alexandre Gustave Eiffel dalem taon 1889 boeat harga 6.500.000 francs! Tingginja ini mertjoe ada 300 M[1]dan dari atasnja orang bisa meliat sampe 70 K.M. poenja djaoe. Kaloe itoe mertjoe oepama ada di Batavia, orang bisa liat dari atasnj» sampe ka Buitenzorg atawa Tjitjoe[1]roeg! S

Soerat kabar dan pembatjanja.

SOERAT kabar ada doea roepa,  jang djadi orgaannja partij dan jang merdika atawa berdiri sendiri. Soerat kabar jang djadi orgaannja soeatoe party moesti bekerdja sebagi loudspeaker dari itoe partij dan pembatjanja oemoemnja ada terdiri dari anggota-anggotanja itoe partij. Soerat kabar jang berdiri sendiri ada poenja kamerdikahan boeat njataken opinie sendiri dan pembatjanja kabanjakan terdiri dari orang-orang jang tida berparty. Soerat kabar jang djadi orgaannja partij aken djadi koeat bila partynja lagi koeat. Soerat kabar demikian selaennja dapet penghasilan dari oewang advertentie dan abonnement, poen o1 waktoe perioe sering dapet toendjangan dari fonds partij.

Soerat bar jang mendjadi orgaan pamerentah djoega termasoek dalem ini kl»s. Tapi soerat kabar jang berdiri sendiri…….

 sinpo

Komentar:
BERITALAINNYA
Koran Sin Po 23 September 1923 (Monash University)
Anak-anak synthetisch
Jumat, 23 September 2022
Koran Sin Po 21 September 2022 (SinPo.id/Monash University)
Tentang intellectualisme
Rabu, 21 September 2022
Koran Sin Po, (Monash University)
Apa Japan bisa tahan?
Minggu, 18 September 2022
koran Sin Po 16 September 1939 (Dok/Monash University)
Semarang.
Jumat, 16 September 2022
Koran Sin Po, 15 September 1923 (SinPo.id/Monash University)
BAHASA TANGAN
Kamis, 15 September 2022
BONGKAR
Aplikasi Sinpo
POJOK SINPO
"Prabowo Harus Jadi Presiden"
"Mas Bowo harus jadi presiden, kali ini harus jadi dan harus menang."
Mantan Danjen Kopassus, Jenderal (Purn) Subagyo HS
BERITATERPOPULER