Tak Ada Nama Pak Bowo dalam Bacapres PAN, Dasco: Tak Masalah, Itulah Demokrasi

Laporan: Sigit Nuryadin
Senin, 29 Agustus 2022 | 14:46 WIB
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad (SinPo.id)
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad (SinPo.id)

SinPo.id - Rakernas Partai Amanat Nasional (PAN) telah berlangsung pada, Sabtu 27 Agustus 2022 di Istora Senayan. Dalam Rakernas, PAN mengumumkan sembilan nama calon presiden yang akan diusung di Pilpres 2024 mendatang.

Menanggapi hal itu, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, pihaknya menghargai keputusan PAN. Menurutnya, kewenangan setiap Partai Politik (Parpol) dalam merekomendasikan nama-nama calon presiden yang akan diusung pada 2024 mendatang. 

"Kami tidak ada masalah mengenai nama-nama yang keluar, termasuk nama pak Prabowo tidak ada disitu. Itulah demokrasi dan kita hormati," ujar Dasco kepada wartawan di Gedung DPR RI, Senin 29 Agustus 2022.

Menurutnya, forum seperti Rakernas atau Rapimnas suatu parpol, memang menjadi ajang menjaring aspirasi dari kader dan pengurus di daerah. Keputusan PAN tidak menghalangi Gerindra untuk terus berkomunikasi dengan partai yang diketuai oleh Zulkifli Hasan tersebut.

"Bagaimanapun segala sesuatu kita harus berkomunikasi dan tentunya sebagai partner kita di DPR tidak ada masalah. Antara PAN dan Gerindra kita akan terus lakukan komunikasi-komunikasi bersama untuk membangun bangsa," katanya.

Sebellumnya, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengumumkan nama calon presiden yang akan diusung di Pilpres 2024 mendatang. Menurutnya, ada sembilan nama yang menjadi pertimbangan PAN di Pilpres 2024.

Hal itu disampaikan pria yang biasa disapa Zulhas pada acara puncak Rakernas PAN di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu, 27 Agustus 2022. Tiga nama teratas tentunya ketua umum partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

"Pertama Ketum PAN Zulkifli Hasan, kedua Ketum Golkar pak Airlangga diusulkan beberapa DPW, ketiga Ketum PPP Suharso Monoarfa. Itu ketiganya dari KIB," jelas Zulhas.

Selain ketiga nama tadi, kata Zulhas, ada DPW yang mendukung PAN untuk mengusung Menteri BUMN, Erick Thohir. Lalu juga nama ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani.

Kemudian ada DPW PAN yang mengusulkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Kemudian ada nama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.sinpo

Komentar: