Bertemu Walikota Rotterdam, Anies Bahas Pengelolaan Tata Kota

Laporan: Zikri Maulana
Senin, 29 Agustus 2022 | 14:16 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, saat bertemu Walikota Rotterdam Ahmed Aboutaleb (SinPo.id/Dok.Pemprov DKI)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, saat bertemu Walikota Rotterdam Ahmed Aboutaleb (SinPo.id/Dok.Pemprov DKI)

SinPo.id - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bersama jajarannya menyambut kunjungan Wali Kota Rotterdam (Belanda) Ahmed Aboutaleb beserta delegasinya di Balaikota, Jakarta Pusat, pada Senin 29 Agustus 2022. 

Dalam kesempatan itu, Anies menyampaikan rasa hormatnya atas kunjungan tersebut. Karena menurutnya, Jakarta dengan Rotterdam dinilai memiliki kemiripan dari segi tantangan dan problematika Tata Pengelolaan Kota. 

"Sebuah kota yang memiliki tantangan yang sama dengan kita, kota di tepi pantai. Kota dengan tantangan permukaan air laut yang juga mirip dengan yang dialami Jakarta," kata Anies di Balaikota Jakarta, Senin 29 Agustus 2022. 

Anies juga menyampaikan, pihaknya telah mengirimkan perwakilan DKI ke Belanda untuk meningkatkan kolaborasi serta pengalaman dalam pengelolaan air.

"Apa yang dihadapi ke depan paska pandemi, sekaligus meningkatkan kolaborasi. Kami telah mengirim perwakilan DKI Jakarta untuk ke Belanda, di mana mereka dapat pengalaman tentang pengelolaan air yang bisa menjadi masukan bagi tim kami," ujarnya. 

Selain itu, Anies juga mendiskusikan beberapa hal terkait DUTEP (Dutch Training and Exposure Program) dan pertukaran gagasan antara Jakarta-Rotterdam. Jadi kata Anies, banyak sekali yang dibahas, mulai dari persoalan inflasi hingga pengelolaan tata kota lainnya. 

"Namun yang kita garisbawahi adalah kolaborasi tentang masalah-masalah umum yang menyangkut perkembangan dunia. Mulai dari persoalan inflasi sampai dengan masalah penanganan soal air, penanganan soal pangan, jadi sangat luas diskusi yang kita bahas," tuturnya. sinpo

Komentar: