Choirul Anam: Saya Memang Jumpa dengan Ferdy Sambo Usai Pembunuhan Brigadir J, Yang Bersangkutan Cuma Nangis Saja

Laporan: Sinpo
Senin, 22 Agustus 2022 | 23:08 WIB
Komisioner Komnas HAM bidang Penyelidikan dan Pemantauan M Choirul Anam. Foto:Istimewa
Komisioner Komnas HAM bidang Penyelidikan dan Pemantauan M Choirul Anam. Foto:Istimewa

SinPo.id - Komisioner Komnas HAM bidang Penyelidikan dan Pemantauan M Choirul Anam mengakui berjumpa mantan Kadiv Propam Polri Irjen Pol. Ferdy Sambo saat berita kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J baru dirilis pihak kepolisian.

Anam menjelaskan, saat dirinya menemui Ferdy Sambo, yang bersangkutan hanya menangis.

"Apakah saya betul bertemu sama Sambo, betul. Omongannya cuma nangis saja, saya tidak tahu apa yang terjadi," kata Anam dalam rapat dengan Komisi III DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 22 Agustus 2022.

"Apakah saya tahu kasus sebelumnya, saya tidak tahu sama sekali," imbuhnya.

Anam mengatakan, pertemuan dengan Ferdy Sambo bisa terjadi, karena dirinya memang kerap berurusan dengan Propam Polri dalam sejumlah kasus dugaan pelanggaran HAM yang dilaporkan ke Komnas HAM.

Pertemuan dengan Sambo itu, kata Anam, setelah melapor ke Ketua Komnas HAM Taufan Damanik lebih dahulu.

"Kenapa saya bisa bertemu dengan Sambo, karena memang biasanya memang saya lah hampir banyak kasus yang saya kirim surat ke propam maupun bidang propam di polda di daerah-daerah dan saya memang sebelum berangkat saya bilang ke Pak Taufan," imbuh Anam.

Setelah pertemuan itu, Anam menambahkan, dirinya melapor kembali ke Taufik dan menyampaikan bahwa Sambo hanya menangis saja

"Terus akhirnya ketemu cuma nangis saya tidak tahu apa yang terjadi. Terus, balik dari propam saya lapor ke Taufan bahwa ini ternyata Sambo cuma nangis saja," ujarnya.

Sebelumnya, Mahfud mengungkapkan Sambo sempat memanggil para petinggi Kompolnas dan Komnas HAM saat berita kematian Brigadir J dirilis kepolisian.

"Katanya udah ada yang dipanggil dan diarahkan untuk jawab itu (sesuai skenario Ferdy Sambo)," kata Mahfud dalam rapat kerja bersama Komisi III DPR, Senin, 22 Agustus 2022.

Mahfud kemudian menanyakan langsung isu tersebut kepada petinggi Kompolnas dan Komnas HAM.

Mahfud bilang, Poengky mengaku pernah dipanggil oleh Sambo dan mendapat cerita tentang pelecehan seksual yang diduga dialami istrinya.

"Kata Bu Poengky, 'itu saya dipanggil oleh Pak Ferdy Sambo,' terus? 'ya dia nangis aja bilang ke saya, Mbak Poengky saya ini dizolimi, istri saya dilecehkan, kalau saya ada di sana saya tembak sendiri dia', kata Mbak Poengky," ujar Mahfud.

Setelah pengakuan Poengky, Mahfud kembali menanyakan apakah ada yang turut dipanggil oleh Sambo. Menurutnya, Anam mengaku turut hadir saat dipanggil Ferdy Sambo.

Saat ditanya Mahfud, Anam menegaskan Komnas HAM tidak terpengaruh terhadap cerita yang dilontarkan Ferdy Sambo.

 sinpo

Komentar: