Sambut Hari Kemerdekaan, Presiden Ukraina Peringatkan Warganya untuk Waspada

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 21 Agustus 2022 | 17:22 WIB
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy. Foto: Istimewa
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy. Foto: Istimewa

SinPo.id - Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy, memperingatkan warganya untuk tetap waspada dalam persiapan perayaan menyambut hari kemerdekaan Ukraina pada 24 Agustus mendatang.

Dalam sebuah pidato kenegaraan, Presiden Zelenskiy mengatakan tidak akan membiarkan Rusia menyebarkan kesedihan dan ketakutan kepada seluruh warga yang akan merayakan 31 tahun kemerdekaan Ukraina dari pemerintahan Soviet.

“Kita semua harus sadar bahwa minggu ini Rusia bisa saja mencoba melakukan sesuatu yang sangat buruk, sesuatu yang sangat kejam,” kata Zelenskiy, sebagaimana dilansir dari The Guardian, Minggu 21 Agustus 2022.

Ketegangan bahkan meningkat di Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina, di mana jam malam akan diperpanjang menjelang hari kemerdekaan. Pasalnya Kharkiv merupakan salah satu kota yang kerap menjadi target serangan Rusia.

Selain itu, Zelenskiy dalam pidatonya juga secara tidak langsung merujuk pada serangkaian ledakan dalam beberapa hari terakhir di Krimea, wilayah yang direbut dan dianeksasi oleh Rusia sejak tahun 2014.

"Kekuasaan Rusia di sana hanya sementara, dan Ukraina akan kembali," tegas Zelenskiy yang hingga kini belum mengaku bertanggung jawab atas serangan di Krimea.

 sinpo

Komentar: