Menag Yakin Kouta Haji Indonesia di Tahun 2023 Bertambah

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Jumat, 19 Agustus 2022 | 06:21 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas (SinPo.id/Kemenag)
Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas (SinPo.id/Kemenag)

SinPo.id - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memprediksi kuota jamaah untuk pelaksanaan ibadah haji 1444 Hijriah/2023 Masehi diprediksi naik dibandingkan tahun ini. Namun terkait berapa kuota haji yang akan diberikan, Kementerian Agama (Kemenag) masih menunggu kepastian dari otoritas Arab Saudi.

"Hasil pembicaraan saya dengan menteri haji dan umrah Arab Saudi, Insya Allah akan dinaikkan jumlah kuotanya tahun depan," ujar Yaqut seperti disitat dari laman Antara.

Yaqut menegaskan, pihaknya dan Menteri Agama Arab Saudi akan terus berkoordinasi untuk membicarakan kepastian kuota, fasilitas, hingga hak dan kewajiban jamaah haji. Pada tahun ini Indonesia mendapat kuota haji sebesar 100.051, atau sekitar 46 persen dari kuota normal.

Ketika berada di Arab Saudi, Menag juga mendapatkan informasi bahwa kemungkinan akan ada kuota khusus. "Berdasarkan informasi, akan ada kuota khusus untuk usia lanjut. Definisinya seperti apa kita tunggu penjelasan Saudi," imbuhnya.

Selain itu, Yaqut menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada sejumlah pihak yang terlibat dalam pelaksanaan operasional ibadah haji 2022.

"Semuanya telah melampaui proses penyelenggaraan ibadah haji dengan baik dan lancar. Sehingga kita bisa menemukan beberapa fakta jauh lebih baik dari penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya," tukasnya.sinpo

Komentar: