India Donasikan Rp 5,9 Miliar ke PBB untuk Perlindungan HAM

Laporan: Sinpo
Kamis, 18 Agustus 2022 | 19:13 WIB
Gerbang Kantor PBB. Foto: Istimewa
Gerbang Kantor PBB. Foto: Istimewa

SinPo.id - India mendonasikan dana senilai Rp 5,9 miliar ke Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) sebagai bentuk komitmennya terhadap perlindungan hak asasi manusia.

Dilansir ANI News pada Kamis, 18 Agustus 2022, dana yang didonasikan India ke PBB ditujukan untuk korban penyiksaan, kerjasama teknis dan pelaksanaan Universal Periodic Review (UPR), serta mendukung partisipasi negara-negara kurang berkembang (LDCs) atau Small Island Developing States (SIDs).

Keterlibatan India yang semakin dalam dengan PBB didasarkan pada komitmen terhadap multilateralisme dan dialog sebagai kunci untuk mencapai tujuan bersama dan mengatasi tantangan bersama.

Sebagai salah satu anggota pendiri PBB, India sangat mendukung tujuan dan prinsip-prinsip perserikatan melalui kontribusinya yang signifikan pada pelaksanakan tujuan piagam dan evolusi program badan khusus PBB.

India sangat percaya bahwa PBB dan norma-norma hubungan internasional secara efektif mampu mengatasi tantangan global termasuk pembangunan berkelanjutan, pengentasan kemiskinan, lingkungan, perubahan iklim, pemeliharaan perdamaian, terorisme, pelucutan senjata, HAM, migrasi, kesehatan dan pandemi.

Pada 2007, India memperoleh pujian sebagai negara pertama yang mengerahkan kontingen wanita untuk unit polisi pada misi perdamaian PBB di Liberia.

India juga terkenal dengan kontribusinya pada layanan medis dan tugas-tugas khusus seperti dukungan veteriner serta layanan teknik.sinpo

Komentar: