Dana KPU Belum Cair Beresiko Akan Ganggu Pelaksanaan Pemilu 2024

Laporan: Tri Bowo Santoso
Kamis, 18 Agustus 2022 | 06:33 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

SinPo.id - Ketidakpastian ekonomi global sedikit banyak berpengaruh pada kondisi perekonomian dan politik Indonesia. Salah satu dampak yang terlihat adalah hambatan pada pencairan anggaran yang diperlukan KPU RI dalam tahapan Pemilu Serentak 2024.

Menurut Direktur Eksekutif Indostragic, Akhmad Khoirul Umam, hambatan pada anggaran yang diperlukan KPU itu akan berdampak pada kelancaran dan kualitas dari pemilu yang akan digelar pada 14 Februari 2024.

"Urusan Pemilu 2024 KPU terasa beresiko tinggi karena dana belum cair sampai hari ini, padahal verifikasi parpol sudah ditutup," ujar Khoirul Umam dalam seminar Paramadina Democracy Forum (PDF) Seri ke 4 bertema “Dampak Instabilitas Keamanan dan Tekanan Ekonomi Global Terhadap Konstalasi Politik Nasional 2024”, Selasa 16 Agustus 2022.

Khoirul Umam berpendapat, pencairan dana yang masih bermasalah di tengah proses tahapan pemilu yang sudah dimulai tentu tidak lepas dari kondisi keuangan negara.

Selain soal pemilu, sambung Khoirul Umam, ketidakstabilan ekonomi juga berdampak pada sektor energi, utamanya soal subsidi bahan bakar minyak (BBM).

Kondisi ini, kata dia lagi, kondisi ini menjadi resiko stagflasi di mana pertumbuhan ekonomi tidak terlalu tinggi tapi dibayangi inflasi yang tinggi.

"Dampak yang mulai terasa sekarang adalah pada kelangkaan BBM jenis tertentu semisal solar dan pertalite," tandasnya.

 sinpo

Komentar: