PKS: Menurunkan Inflasi Hingga 3,3 Persen Hal yang Sulit Bila Pemerintah Naikan Harga BBM

Laporan: Tri Bowo Santoso
Kamis, 18 Agustus 2022 | 05:28 WIB
Anggota MPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mulyanto. Foto: Istimewa
Anggota MPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mulyanto. Foto: Istimewa

SinPo.id - Rencana pemerintah untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) akan menjadi penghambat untuk mengimplementasikan penurunan inflasi yang ditetapkan, yakni 3,3 persen di tahun 2023.

Menurut Anggota MPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mulyanto, kenaikan harga BBM akan mempengaruhi kenaikan semua harga bahan pokok, sehingga secara umum akan berdampak pada inflasi.

"Mustahil target inflasi Pemerintah di tahun 2023 tersebut dapat dicapai kalau Pemerintah menaikan harga BBM bersubsidi, seperti Pertalite dan Solar," ujar Mulyanto kepada wartawan, Rabu, 17 Agustus 2022.

Kenaikan harga BBM bersubsidi, menurut Mulyanto,  memiliki pengaruh kuat dan efek berantai pada kenaikan harga-harga barang dan jasa lainnya secara luas.

Bahkan menurut laporan BPS, lanjut Mulyanto, kenaikan harga BBM dan LPG non subsidi saja ternyata memiliki andil yang signifikan bagi kenaikan tingkat inflasi di bulan Juli 2022 lalu.

Kata dia lagi, apabila pemerintah nekat menaikkan harga BBM lagi, maka diperkirakan tingkat inflasi akan semakin tidak terkendali, akan menggerus daya beli masyarakat dan membuat mereka semakin menderita.

"Sekarang saja, inflasi tahunan di bulan Juli 2022 sudah mencapai 4,94 persen, yang merupakan rekor inflasi tertinggi sejak bulan Oktober 2015," terangnya

"Bagaimana mungkin kita menurunkan tingkat inflasi ini menjadi 3.3 persen di tahun 2023 kalau pemerintah masih punya niat untuk menaikan harga BBM bersubsidi," tandasnya. 
 

 sinpo

Komentar: