Jangan Diabaikan! Lakukan Hal Ini Usai Kehujanan

Laporan: Zikri Maulana
Kamis, 18 Agustus 2022 | 02:23 WIB
Ilustrasi kehujanan. Foto: Istimewa
Ilustrasi kehujanan. Foto: Istimewa

SinPo.id - Perubahan cuaca atau pancaroba akhir-akhir ini sering terjadi, hal ini memungkinkan kondisi tubuh rentan mengalami sakit. Hal ini karena sistem imun tubuh yang harus bekerja lebih keras untuk bisa beradaptasi dengan perubahan suhu.

Dalam kondisi perubahan cuaca ini sangat memungkinkan kita mengalami kehujanan. Misalnya kehujanan saat perjalanan ke kantor atau perjalanan ke rumah.

Tetap memakai pakaian yang basah kuyup akan mengakibatkan tubuh jadi kedinginan. Dalam kondisi tersebut daya tahan tubuh menjadi turun dan membuat tubuh mudah jatuh sakit. 

Itulah sebabnya setelah hujan orang akan lebih mudah sakit. Maka dari itu, coba lakukan hal ini untuk menghindari sakit setelah kehujanan. 

Dilansir dari Halodoc, 4 hal untuk menghindari sakit setelah kehujanan, diantaranya sebagai berikut : 

1. Segera Ganti Baju yang Basah

Tanpa perlu menunda-nunda, saat sampai di rumah, segeralah ganti baju yang basah akibat kehujanan. Meskipun baju tidak basah, lebih baik segera ganti agar tidak kedinginan. Ini supaya virus dan bakteri yang menempel di baju tidak menyebabkan penyakit di tubuh. 

2. Mandi dengan Air Hangat

Virus dan bakteri yang berkeliaran saat hujan kemungkinan juga hinggap di tubuh. Maka dari itu, segeralah mandi dengan air hangat untuk membersihkannya. Mandilah dengan membasahi rambut hingga ujung kaki. Setelah mandi, keringkan tubuh, terutama bagian rambut. Rambut yang basah dapat menyebabkan tubuh kedinginan dan pusing.

3. Konsumsi Makanan dan Minuman Hangat

Setelah mandi, tubuh akan merasa lebih nyaman. Akan lebih baik lagi jika kamu segera mengonsumsi minuman atau makanan hangat. Setidaknya cobalah minum teh panas yang dicampur madu dan lemon. Tidak hanya membuat tubuh lebih hangat dan nyaman, madu dan lemon mengandung vitamin C yang dapat mencegah flu. 

4. Lakukan Stretching Ringan

Saat terjebak hujan, tubuh akan kedinginan dan mungkin menyebabkan tubuh menggigil dan kaku. Cobalah untuk melakukan sedikit peregangan ringan untuk merilekskan tubuh yang kaku. Stretching juga dapat membuat tubuh menjadi lebih hangat dan memperlancar aliran darah. 
 

 sinpo

Komentar: