Dewan Pers SinPo

Unik, Pocong Merah Putih "Hantui" Warga Bogor Saat HUT ke-77 RI

Laporan: Zikri Maulana
Rabu, 17 Agustus 2022 | 13:02 WIB
Pocong Merah Putih yang meriahkan parade kostum di Bogor (SinPo.id/Zikri)
Pocong Merah Putih yang meriahkan parade kostum di Bogor (SinPo.id/Zikri)

SinPo.id - Momentum perayaan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-77 biasa dimeriahkan dengan perlombaan sebagai representasi semangat perjuangan kemerdekaan.

Selain perlombaan, banyak juga yang memeriahkannya dengan karnaval maupun parade kostum. Tak terkecuali dengan warga Cidamar, Kabupaten Bogor yang menggelar parade kostum untuk memeriahkan hari kemerdekaan.

Mengangkat tema 'Parade costum dalam memeriahkan HUT RI ke-77', para remaja mendandani dirinya seunik mungkin, meski dengan peralatan seadanya. 

"Temanya, parade costum dalam memeriahkan HUT RI ke-77," kata salah seorang peserta bernama Fahmi kepada wartawan, Rabu 17 Agustus 2022. 

Dia menuturkan, tokoh yang ada dalam parade tersebut merupakan gambaran lapisan masyarakat di desa. Di antaranya ada lurah, petani, guru, anak sekolah, dan pegiat seni.

"Tokohnya Pak Lurah, Bu Lurah, Petani dan Juragan tani, warga, anak sekolah, Ibu rumah tangga, seni calung, anak kecil dan Pocong," tuturnya. 

Yang paling mencuri perhatian yaitu tampilan dua orang peserta. Mereka mendandani diri menjadi pocong merah dan putih dalam parade kostum.

"Iya termasuk (dandanan pocong). Karena semua mahluk yang ada di desa termasuk warga desa," kata Fahmi.

Para peserta membawa pernak-pernik yang cukup unik dan menarik dengan peralatan seadanya, bahkan dari tirai dan sprei bekas. 

"Ada yang bawa pacul, boboko (bakul nasi), cetok, calung. Kalau baju dan kostum lainnya pinjem ke ibu-ibu," ujarnya. 

Para peserta terlihat antusias mengikuti kegiatan ini. Tak hanya para peserta, para warga yang turut menyaksikan parade tersebut juga sangat terhibur dan merasakan kegembiraan yang sama.

"Alhamdulillah seru sekali, cuma telat sedikit saja datangnya. Soalnya make up dulu sebagian tadi," tukasnya.

 sinpo

Komentar:
BONGKAR
Aplikasi Sinpo
POJOK SINPO
"Prabowo Harus Jadi Presiden"
"Mas Bowo harus jadi presiden, kali ini harus jadi dan harus menang."
Mantan Danjen Kopassus, Jenderal (Purn) Subagyo HS
BERITATERPOPULER