Dewan Pers SinPo

Kapten Angkatan Udara Terbaik di Ukraina Tewas

Laporan: Tri Bowo Santoso
Selasa, 16 Agustus 2022 | 06:34 WIB
Kapten Angkatan Udara (AU) terbaik di Ukraina, Anton Listopad. Foto: Istimewa
Kapten Angkatan Udara (AU) terbaik di Ukraina, Anton Listopad. Foto: Istimewa

SinPo.id - Seorang Kapten Angkatan Udara (AU) terbaik di Ukraina dikabarkan tewas saat membawa pesawat tempur ace untuk membela tanah airnya.

Pernyataan duka cita ini disampaikan sekolah masa kecilnya yang terletak di kota Ivano-Frankovsk dalam obituari.

Namun, kondisi saat kematiannya tidak diungkapkan.

Dikutip dari laman Russia Today, Senin 15 Agustus 2022, sekolah tersebut mengatakan di media sosial bahwa pilot bernama Anton Listopad itu 'diakui sebagai pilot terbaik AU Ukraina dan mengambil bagian dalam aksi militer di timur negara itu'.

Sebagai informasi, nama Listopad terdaftar diantara mereka yang dianugerahi berbagai penghargaan oleh Presiden Ukraina Volodimir Zelenskypada bulan lalu.

Pria itu memiliki halaman Wikipedia sendiri di ensiklopedia online versi Ukraina, meskipun hanya dibuat dua hari sebelum pesan Zelensky diterbitkan.

Sekolah yang mengumumkan kematian Listopad menerbitkan biografi pria itu pada tahun lalu.

Ia disebut bergabung dengan angkatan bersenjata Ukraina pada 2010 dan menjalani dua operasi untuk memenuhi syarat menjadi pilot tempur.

Listopad juga belajar di sekolah penerbangan militer di Kharkov dan lulus pada 2018. Kemudian ia pun mewujudkan impian masa kecilnya menjadi pilot.

Militer Rusia mengklaim bahwa mereka memiliki kendali yang hampir tak terbantahkan atas sebagian besar wilayah udara Ukraina, membuat sebagian besar misi tempur yang dilakukan oleh pilot militer Ukraina menjadi sangat berbahaya.

Update terbaru Kementerian Pertahanan Rusia, lebih dari 260 jet tempur Ukraina telah dihancurkan selama konflik itu, baik di udara maupun di darat, oleh pesawat tempur dan pertahanan udara Rusia.

 sinpo

Komentar:
BONGKAR
Aplikasi Sinpo
POJOK SINPO
"Prabowo Harus Jadi Presiden"
"Mas Bowo harus jadi presiden, kali ini harus jadi dan harus menang."
Mantan Danjen Kopassus, Jenderal (Purn) Subagyo HS
BERITATERPOPULER