Salman Rushdie Diserang, Ini Reaksi Sejumlah Surat Kabar di Iran

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 14 Agustus 2022 | 23:54 WIB
Salman Rushdie/RDN Times
Salman Rushdie/RDN Times

SinPo.id -  Kasus penikaman yang menimpa penulis novel The Satanic Verses, Salman Rushdie, telah memunculkan berbagai reaksi di sejumlah media atau surat kabar di Iran.

Surat kabar Kayhan, yang pemimpinnya dipilih langsung oleh Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei, menyebut bahwa pelaku percobaan pembunuhan Rushdie merupakan orang yang pemberani.

"Seribu kebaikan untuk orang pemberani dan patuh yang menyerang Salman Rushdie yang murtad dan jahat di New York. Tangan pria yang merobek leher musuh Tuhan harus dicium," tulis surat kabar Kayhan, dilansir dari Reuters, Minggu 14 Agustus 2022.

Situs berita Asr Iran, pada hari Sabtu juga memuat kutipan yang sering disebut oleh Pemimpin revolusi Islam Iran 1979, mendiang Ayatollah Ruhollah Khomeini, tentang panah yang akan mengenai sasaran.

"Panah yang ditembakkan, suatu hari akan mengenai sasaran," tulis situs berita tersebut.

Tak hanya itu, judul surat kabar Vatan Emrooz juga berbunyi: “Pisau di leher Salman Rushdie”.

Sementara Harian Khorasan memuat tajuk utama: “Setan dalam perjalanan ke neraka”.

Seperti diketahui, Yayasan Khordad ke-15, sebuah organisasi keagamaan Iran yang kaya, menawarkan hadiah $3,3 juta pada tahun 2012 bagi siapa pun orang di dunia yang berhasil membunuh Salman Rushdie, penulis buku yang dikutuk sebagai penistaan.

Bahkan di tahun 2019, akun Twitter Khomeini menulis bahwa fatwa untuk membunuh Rushdie sudah kukuh dan tidak dapat dibatalkan. sinpo

Komentar: