Dua Kapal Kargo Ukraina Kembali Diberangkatkan dari Pelabuhan Laut Hitam

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 14 Agustus 2022 | 08:16 WIB
Kapal Fulmar S berbendera Barbados membawa 12 ribu ton jagung ke provinsi Iskenderun di selatan Turki.
Kapal Fulmar S berbendera Barbados membawa 12 ribu ton jagung ke provinsi Iskenderun di selatan Turki.

SinPo.id - Ukraina kembali memberangkatkan dua kapal kargo berisi ribuan ton biji-bijian atau produk pertanian dari pelabuhan Laut Hitam menuju Turki.

Kapal Fulmar S berbendera Barbados membawa 12 ribu ton jagung ke provinsi Iskenderun di selatan Turki. Sementara kapal lainnya berbendera Pulau Marshall membawa 3 ribu ton biji bunga matahari, menuju Tekirdag.

"Dua kapal meninggalkan pelabuhan Chornomorsk Ukraina, jadi totalnya ada 16 kapal yang sudah berangkat," kata Kementerian Pertahanan Turki, dilansir dari Reuters, Minggu 14 Agustus 2022.

Kementerian infrastruktur Ukraina juga mengatakan bahwa 16 kapal yang membawa 450.000 ton produk pertanian telah berangkat dari pelabuhan laut Ukraina sejak awal Agustus.

"Ini sesuai dengan kesepakatan yang ditandatangani oleh Ukraina dan Rusia, untuk memastikan keamanan bagi kapal yang membawa kebutuhan pangan," terangnya.

Menurut Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy, pengiriman 16 kapal tersebut sudah dapat mengurangi krisis pangan yang terjadi di dunia, akibat dari dihentikannya ekspor biji-bijian dari Ukraina selama lima bulan.

"Kami berharap dapat meningkatkan ekspor maritim menjadi lebih dari tiga juta ton biji-bijian dan produk pertanian lainnya per bulan dalam waktu dekat," kata Zalenskiy.

Seperti diketahui, Ukraina sebagai salah satu eksportir biji-bijian terbesar, sempat menghentikan pengiriman sejak Rusia menginvasi negara tersebut. Hal itu membuat krisis pangan, dan wabah kelaparan di sejumlah negara.sinpo

Komentar: