4 Gangguan Mental yang Kerap Dialami Generasi Muda

Laporan: Zikri Maulana
Sabtu, 13 Agustus 2022 | 12:07 WIB
Ilustrasi/pixabay
Ilustrasi/pixabay

SinPo.id -  Gangguan mental atau masalah kejiwaan acap kali terjadi pada generasi muda, terutama pada remaja yang baru beranjak dewasa.

Dalam hal ini peran keluarga dan juga orang terdekat sangat penting dalam mengenali gejalanya lebih dini. 

Hal ini untuk membantu mengurangi dampak negatif yang mungkin terjadi. 

Beberapa gejala yang mudah dikenali diantaranya, seperti suasana hati yang cenderung berubah dalam waktu yang terbilang singkat, mudah marah dan emosional, hingga menunjukkan perilaku yang tidak menyenangkan. 

Dilansir dari Halodoc, Berikut beberapa jenis gangguan mental yang sering terjadi pada generasi muda, di antaranya:

1) Gangguan Kecemasan.

Sering kali, anak mengatasi sesuatu hal yang sedang ia alami dengan kecemasan atau ketakutan yang berlebihan. Hal ini memicu gangguan kecemasan pada dirinya. 

2) ADHD. 


ADHD atau Attention Deficit Hyperactivity Disorder. Gangguan mental ini menyerang bagian otak dengan gejala kurangnya perhatian, hiperaktif, dan impulsif yang mengganggu kerja otak. 


Meski banyak anak yang bisa menyembunyikannya ketika masa sekolah menengah, tingginya tuntutan membuat mereka tak lagi mampu mengendalikan ADHD ini. 


Sayangnya, hal tersebut bisa menyebabkan gangguan lain, salah satunya adalah gangguan belajar, terlebih jika tidak segera mendapatkan penanganan.

3) Depresi.

Tidak hanya orang dewasa, depresi dini dapat terjadi pada anak-anak, terutama remaja yang masih berada pada masa perkembangan. 

Jangan pernah diabaikan, karena depresi yang tidak tertangani bisa memicu terjadinya kondisi lain yang lebih membahayakan, seperti keinginan menyakiti diri sendiri hingga bunuh diri. 

Sayangnya, depresi lebih sering tidak teratasi, dan ini membuat angka kematian remaja karena bunuh diri semakin meningkat. 


4) Bipolar.

Gangguan bipolar menyebabkan terjadinya perubahan suasana hati yang tidak normal pada aktivitas dan energi. Anak yang mengidap gangguan ini bisa memiliki energi yang begitu besar, sehingga ia bisa menjadi lebih aktif dibandingkan dalam keadaan normal. 

Namun, di saat yang hampir bersamaan, ia bisa tiba-tiba berubah depresi, merasa sangat terpuruk, dan kehilangan keinginannya untuk beraktivitas. 

Itu tadi beberapa gangguan mental yang sering terjadi pada generasi muda, semoga kita dapat mengenali gejalanya lebih dini, supaya dapat ditangani lebih cepat dan terhindar dari dampak yang lebih buruk. sinpo

Komentar: