Peran Perempuan dalam Perekonomian Nasional Sangat Penting

Laporan: Galuh Ratnatika
Kamis, 11 Agustus 2022 | 21:05 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani/DOK:
Menteri Keuangan Sri Mulyani/DOK:

SinPo.id - Sosok perempuan memiliki peran yang sangat penting dalam ekonomi rumah tangga, maupun perekonomian nasional, khususnya dalam menjadi bagian dari dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, menyatakan bahwa perempuan yang melakukan kegiatan ekonomi, tidak hanya dengan berkarir di luar rumah, tetapi juga di dalam rumah.

"Mereka-mereka ini adalah bagian dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang banyak sekali di Indonesia,” kata Menkeu, dalam acara The 1st International Conference on Women and Sharia Community Empowerment secara daring, Kamis 11 Agustus 2022.

Menurutnya, kontribusi perempuan dalam pertumbuhan ekonomi nasional sangatlah besar. Karena perempuan, menjadi bagian 64 juta UMKM di Indonesia.

"Sebanyak 64 juta UMKM di Indonesia adalah bagian dari perekonomian yang sangat-sangat giat di dalam menentukan kesempatan kerja dan giat pemerataan kesejahteraan," ungkapnya.

Pihaknya juga telah memastikan bahwa pemerintah akan terus berupaya untuk memperkuat dan melakukan pemberdayaan UMKM, yang khususnya digerakkan oleh perempuan. Karena 65 persen UMKM yang ada di Indonesia dimiliki dan dikelola oleh perempuan.

"Ini karena di dalam UMKM itu mayoritasnya juga didominasi oleh pemilik dan pelaku dari kalangan perempuan, yang jumlahnya juga sangat banyak sekali di Indonesia," kata Menkeu menambahkan.sinpo

Komentar: