Bantu Atasi Wabah PMK, Australia Beri 1 Juta Dosis Vaksin ke Indonesia

Laporan: Sinpo
Selasa, 09 Agustus 2022 | 18:15 WIB
Ilustrasi PMK (SinPo.id/UGM)
Ilustrasi PMK (SinPo.id/UGM)

SinPo.id - Pemerintah Albanese telah mengumumkan paket kerja sama baru di bidang biosekuriti senilai 10 juta dolar Australia untuk mendukung Indonesia dalam merespons wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) dan lumpy skin disease (LSD).

Paket tersebut diumumkan oleh Menteri Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Australia, Murray Watt di National Press Club, menempatkan Australia sebagai penyedia vaksin tambahan serta dukungan konsultasi dan teknis untuk memperkuat langkah-langkah biosekuriti Indonesia. Australia akan menyediakan alat pelindung diri dan disinfektan, melatih staf di lapangan, dan menyediakan keahlian biosekuriti untuk mengatasi wabah ini.

Watt mengatakan salah satu cara mencegah wabah di Australia adalah dengan mendukung Pemerintah Indonesia dalam upaya penghentian penyebaran PMK.

“Paket ini mencakup 4 juta dolar Australia untuk penyediaan vaksin PMK dan LSD. Jumlah ini merupakan tambahan dari dukungan kepada Indonesia yang diumumkan sebelumnya, termasuk 1 juta dosis vaksin PMK dan hampir setengah juta vaksin LSD yang telah dijalankan oleh Pemerintah Australia,” kata Menteri Watt.

Nantinya, kata Watt, pemerintah Indonesia akan menyalurkan vaksin ini ke daerah-daerah yang paling membutuhkan. "Kami juga telah menyertakan pendanaan awal sehingga Indonesia dapat menjalankan sistem identifikasi ternak,"  imbuhnya.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Penny Wong mengatakan, paket ini adalah salah satu wujud dari hubungan dekat antara Australia dan Indonesia. Sebagai salah satu negara  yang bertetangga, Australia ingin mmembantu apa  yang dibutuhkan oleh Indonesia.

“Menjaga biosekuriti kawasan kita adalah kepentingan bersama dan paket dukungan ini dibangun berdasarkan kerja sama kesehatan yang telah berlangsung lama termasuk melalui Kemitraan Ketahanan Kesehatan Australia Indonesia. Kita berkomitmen untuk bekerja sama merespons ancaman bersama ini,” paparnya.

 sinpo

Komentar: