Kapal Pertama yang Membawa Gandum Ukraina Tiba di Istanbul Hari Ini

Laporan: Tri Bowo Santoso
Selasa, 02 Agustus 2022 | 06:44 WIB
Kapal Kargo Razoni yang membawa gandum dari Ukraina ke Istanbul, Turi. Foto: Istimewa
Kapal Kargo Razoni yang membawa gandum dari Ukraina ke Istanbul, Turi. Foto: Istimewa

SinPo.id - Kapal kargo gelombang pertama yang mengirim gandum Ukraina dari pelabuhan Odesa akan tiba di Istanbul pada hari ini, Selasa, 2 Agustus 2022.

Kapal Razoni berbendera Sierra Leone yang membawa gandum berangkat meninggalkan Ukraina dari pelabuhan Odesa menuju Lebanon dan bersandar di Turki. Pengiriman gandum itu sebagai bagian dari hasil kesepakatan bersama.

"Kapal bermuatan jagung, gandum, dan biji-bijian yang meninggalkan Odessa, diperkirakan akan tiba di Istanbul pada Selasa," kata pernyataan Kementerian Pertahanan Turki, seperti dikutip dari Anadolu Agency, Selasa, 2 Agustus 2022.

Setelah diperiksa di titik kontrol laut dekat Istanbul, kapal akan melewati Selat Bosphorus dan menuju tujuannya. Kapal itu membawa lebih dari 26.000 ton biji-bijian dan menuju pelabuhan Tripoli di Lebanon.

Menteri Pertahanan Turki, Hulusi Akar, mengatakan, Razoni akan berlabuh di lepas pantai Istanbul sekitar pukul 12.00 GMT pada 2 Agustus untuk inspeksi bersama.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Ukraina,  Dmytro Kuleba, mengaku senang dengan  keberangkatan kapal yang mengirim biji-bijian pertama sebagai "bantuan bagi dunia."

"Hari lega bagi dunia, terutama bagi teman-teman kita di Timur Tengah, Asia, dan Afrika, karena gandum Ukraina pertama meninggalkan Odesa setelah berbulan-bulan diblokir oleh Rusia. Ukraina selalu menjadi mitra yang dapat diandalkan dan akan tetap menjadi bersatu,"  cuit Kuleba dalam akun twitter miliknya. 

 sinpo

Komentar: