Disambangi PKS, PP Muhammadiyah Anggap Seluruh Parpol Sebagai Mitra

Laporan: Sigit Nuryadin
Jumat, 29 Juli 2022 | 21:42 WIB
Ketua PP Muhammadiyah, Anwar Abbas (SinPo.id/Sigit)
Ketua PP Muhammadiyah, Anwar Abbas (SinPo.id/Sigit)

SinPo.id - Ketua Pengurus  Pusat (PP) Muhammadiyah, Anwar Abbas menyebut pihaknya tidak mendekati partai politik tertentu. Sebagai organisasi masyarakat, pihaknya menganggap seluruh parpol merupakan mitra.

Hal ini disampaikannya terkait kunjungan Presiden PKS, Ahmad Syaikhu ke kantor PP Muhammadiyah, Jumat, 29 Juli 2022. Menurutnya, Muhammadiyah akan membangun kedekatan dengan seluruh Parpol.

"Kita menjaga kedekatan ya, bukan mendekati. Jadi kita anggap semua Parpol sebagai mitra," ujar Abbas di Kantor PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat.

Tidak menutup kemungkinan, kata Anwar,  pihaknya akan membuka pintu bagi parpol lainnya yang ingin berdiskusi. Namun saat ini baru PKS yang mengunjungi PP Muhammadiyah.

"Sepengetahuan saya, PKS yang baru dan pertama meminta bertemu dengan kami untuk berdiskusi menyangkut hal-hal Kebangsaan," tutur Abbas.

Sebelumnya, Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu menjelaskan ikhwal berkunjung ke kantor Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah di Menteng, Jakarta Pusat. Menurutnya, kedatangannya guna meminta petuah dari pimpinan Muhammadiyah soal apa saja yang harus diperjuangkan PKS sebagai partai politik.

Rombongan DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tiba di Kantor Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, pada Jumat, 29 Juli 2022 sekira pukul 13.30 WIB. Dalam kunjungannya, Syaikhu didampingi Sekjen PKS, Aboe Bakar Alhabsyi.

"Alhamdulillah ya, kami diterima dengan baik oleh pengurus Muhammadiyah, dalam hal ini dipimpin oleh Buya Anwar. Semoga wejangan dan masukan dari Muhammadiyah bisa kami perjuangkan," jelas Syaikhu di Kantor PP Muhammadiyah, Jakarta Pusat, Jumat 29 Juli 2022.

Untuk Indonesia yang lebih baik, kata Syaikhu, perlu kerja sama dari seluruh elemen anak bangsa. Oleh karena itu pihaknya berkunjung ke kantor PP Muhammadiyah.

"Kami berharap semua elemen anak bangsa dapat berkolaborasi, termasuk Parpol serta Ormas di Indonesia," tutur Syaikhu.sinpo

Komentar: