Rusia Akan Kembali Potong Pasokan Gas ke Eropa

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 26 Juli 2022 | 10:29 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin/AFP
Presiden Rusia Vladimir Putin/AFP

SinPo.id - Raksasa energi Rusia Gazprom, akan kembali memotong pasokan gas ke Eropa sebagai bentuk ancaman kepada negara-negara yang mendukung Ukraina.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh pengawas industri Gazprom yang mengatakan bahwa pasokan gas ke Jerman akan kembali dipotong mulai hari Rabu, 27 Juli 2022.

"Aliran gas ke Jerman melalui pipa Nord Stream 1 akan turun menjadi 33 juta meter kubik, setengahnya dari kapasitas normal," kata pengawas industri, seperti dikutip dari Reuters, Selasa 26 Juli 2022.

Sebelumnya, Eropa mengimpor sekitar 40 persen gas dan 30 persen minyaknya dari Rusia, yang saat ini dipotong menjadi sekitar 20 persen. Meski demikian, Rusia tidak berencana untuk menghentikan pasokan gasnya ke Eropa.

Presiden Rusia Vladimir Putin juga telah memperingatkan Barat bahwa sanksi yang diberikan ke negaranya berisiko memicu kenaikan harga energi global yang besar.

Sementara itu para politisi di Eropa juga telah berulang kali mengatakan bahwa Rusia dapat sewaktu-waktu memotong gas pada musim dingin ini.

"Sebuah langkah yang akan mendorong Jerman ke dalam resesi dan merugikan konsumen yang sudah terkena dampak dari inflasi yang melonjak," ujar seorang politisi di Eropa.sinpo

Komentar: