Satu Abad Taman Siswa, Pak Bowo Kenang Jasa Ki Hajar Dewantara

Laporan: Sigit Nuryadin
Minggu, 24 Juli 2022 | 16:05 WIB
Prabowo Subianto/Istimewa
Prabowo Subianto/Istimewa

SinPo.id -  Dalam pidato peringatan satu abad Taman Siswa, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto atau yang sering disapa Pak Bowo mengenang jasa tokoh pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara. 

Hal itu disampaikan Prabowo dalam sambutannyabdi acara peringatan satu abad Taman Siswa, di hall Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Minggu 24 Juli 2022.

"Ki Hajar Dewantara bukan hanya berjasa di pendidikan saja, tetapi tokoh Pahlawan besar yang berjasa untuk kemerdekaan Republik Indonesia," ujar Prabowo.

Oleh sebabnya, Prabowo merasa sangat tersanjung dan antusias diundang dalam acara ini, apalagi acara tersebut dihadiri lebih dari empat ribu orang.

Sebagai apresiasi, Prabowo pun membagikan empat ribu buku kepada para hadirin lewat Taman Siswa.

"Karena yang hadir di acara ini empat ribu orang, untuk itu saya akan memberikan empat ribu buku ke Taman siswa," pungkasnya.

Diketahui, Taman Siswa merupakan salah satu lembaga pendidikan tertua di Indonesia yang didirikan oleh Ki Hajar Dewantara pada tanggal 3 Juli 1922.

Lembaga pendidikan ini menjadi cikal bakal sekolah di zaman modern yang pada saat awal dibangun bertujuab untuk memberi pendidikan kepada kaum pribumi.

Sebagai tamu kehormatan dalam acara tersebut tampak hadir, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bersama Ketua Umum Majelis Luhur Taman Siswa Sri Edi Swasono, membuka secara simbolis dengan pemukulan gendang.
sinpo

Komentar: