Panglima Tegaskan TNI akan Bantu Autopsi Ulang Jenazah Brigadir J

Laporan: Sinpo
Sabtu, 23 Juli 2022 | 01:00 WIB
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa (Ist)
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa (Ist)

SinPo.id - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menegaskan pihaknya siap membantu Polri untuk mengautopsi ulang jenazah Brigadir J. Seperti diketahui, Brigadir J tewas di rumah Kadiv Propam Polri nonaktif Irjen Ferdy Sambo.

"Saya, TNI, siap membantu," tegas Andika di Mako Kolinlamil Tanjung Priok, Jakarta Utara, seperti dikutip dari laman Beritasatu, Jumat, 22 Juli 2022.

TNI memiliki tiga rumah sakit kelas A serta berbagai rumah sakit kelas di bawahnya yang tersebar di sejumlah daerah. Dengan potensi tersebut, katanya, TNI siap membantu ekshumasi jenazah Brigadir J.

TNI, kata Andika, akan menyiapkan rumah sakit, tim dokter senior, hingga peralatan medis terbaik yang dibutuhkan untuk ekshumasi tersebut, tambahnya.

"Kami pasti hadirkan dokter-dokter maupun semua perangkat medis yang diperlukan, yang terbaik. Karena ini adalah misi kemanusiaan," ucapnya.

Sebelumnya, pihak keluarga akan mengautopsi ulang jasad Brigadir J. Upaya itu melibatkan tim independen dan dokter forensik dari Rumah Sakit Tiga Matra TNI, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo dan rumah sakit swasta.

Pernyataan itu disampaikan kuasa hukum pihak keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak.

"Dibentuk tim independen, yaitu melibatkan dokter-dokter forensik gabungan dari RSPAD, RSAL, RSAU, RSCM, dan salah satu RS swasta nasional. Termasuk yang diajukan polisi," kata dia, pada Kamis 21 Juli 2022.

Namun, dia mengaku, belum mengetahui secara pasti kapan autopsi jenazah Brigadir J akan dilakukan. Rencana autopsi ulang Brigadir J itu sudah disampaikan ke pihak Polri.

"Usulannya sudah disetujui, tinggal penyidik mengkoordinir," tambahnya.
 sinpo

Komentar: