Yunani Lintasi 147 Kali Wilayah Udara Turki, Erdogan: Bila Terus Melanggar, Kita Siap Perang!

Laporan: Tri Bowo Santoso
Sabtu, 02 Juli 2022 | 10:36 WIB
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan

SinPo.id -  Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan geram terhadap perilaku Yunani yang kerap melanggar komitmen melintasi wilayah udara Ankara. Bila terus dilanggar, maka tak menutup kemungkinan Turki akan menyatakan perang terhadap negeri para dewa itu. 

"Turki tidak berniat berperang melawan Yunani. Namun, Yunani tidak menepati janjinya. Mereka membuat 147 pelanggaran udara. Jika kita bertetangga, jika kita berteman, mengapa Anda melanggar wilayah udara kami 147 kali?" kata Erdogan di Istanbul kepada wartawan usai melaksakan ibadah salat Jumat, sebagaimana dilansir Anadolu Agency.

"Jika pelanggaran wilayah udara kami berlanjut, maka kami akan terus melakukan apa yang menjadi kewajiban kami."

Bulan lalu, Erdogan mengkritik Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis atas komentarnya tentang Turki selama kunjungan resmi ke AS, mengatakan bahwa perdana menteri Yunani tidak lagi layak untuk dihadapi.

Turki dalam beberapa bulan terakhir juga melancarkan kritik terhadap penempatan pasukan Yunani di pulau-pulau di Aegean timur, dekat pantai Turki.

Pulau-pulau ini diharuskan demiliterisasi di bawah Perjanjian Lausanne 1923 dan Perjanjian Paris 1947, sehingga pasukan atau senjata apa pun di pulau-pulau itu dilarang keras. sinpo

Komentar: