Akademisi: Lebih Mudah Bangun Gereja Di Indonesia Daripada Bangun Masjid Di AS

Laporan: Bayu Primanda
Rabu, 29 Juni 2022 | 18:12 WIB
Acara seminar nasional UIN Syarif Hidayatullah/net
Acara seminar nasional UIN Syarif Hidayatullah/net

SinPo.id -  Guru Besar Politik Islam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Masykuri Abdillah dalam sebuah Seminar Nasional berjudul “Koreksi Kebebasan Beragama ala Barat” menjabarkan pandangannya terkait kasus intoleransi di Indonesia.

Menurut Masykuri, Indonesia merupakan negara dengan tingkat toleransi yang lebih tinggi, ketimbang dengan negara-negara Barat. Hal ini tercermin dengan banyaknya gereja yang dibangun di Indonesia, ketimbang jumlah masjid yang dibangun di negara-negaea barat.

"Lebih mudah membangun tempat ibadah gereja di Indonesia ketimbang membangun masjid di Amerika," kata Masykuri di Aula Sekolah Pascasarjana (SPS) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada Rabu (29/6).

Untuk merespon isu-isu kebebasan beragama, Masykuri melihat sejumlah keluhan yang sering didengar antara lain keluhan diskriminasi dari sebagian kelompok agama minoritas Kristen dan Katolik, bahwa mereka kesulitan untuk mendirikan tempat ibadah.

Tetapi harus diingat, kata penulis “Islam Agama Kedamaian” ini bahwa data gereja di Indonesia ini terbanyak ketiga setelah Amerika dan Brazil.

“Jadi coba barat melihat datanya jangan hanya satu pintu dari laporan LSM saja, tetapi harus dari laporan-laporan pembanding yang lainnya,” ungkapnya.

Masykuri mengatakan bahwa faktanya saat ini seolah-olah masyarakat Muslim atau negara-negara yang mayoritas Muslim sebagai pelaku anti kebebasan beragama.

“Jadi hal ini tidak benar,” ungkapnya.

Dalam acara yang sama, Asep Jahar selaku pengantar seminar menjabarkan bahwa kebebasan beragama sedianya memberikan amanah dari prinsip-prinsip Islam.

Direktur SPS UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu mengatakan bahwa sebagai agama mayoritas di Indonesia, Islam membantu para pemeluk agama lain nyaman menjalankan ibadah mereka tanpa merasa terintimidasi, dimana hal ini sejalan dengan nilai-nilai yang ada di Pancasila

"Indonesia, sudah memiliki wadah yang cukup baik dalam praktek kebebasan beragama dalam wadah Pancasila," kata dia.sinpo

Komentar: