Banyak Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Pembelajaran Matematika di Indonesia
Jakarta, sinpo.id - Slamet Wibowo yang mewakili dari Forum Guru dan MGP Matematika, menerangkan banyaknya faktor yang memperngaruhi hasil pembelajaran Matematika para siswa di Indonesia.
Belajar Matematika yang baik dan ideal itu adalah harus dengan belajar bernalar dan belajar Matematika merupakan belajar memecahkan masalah, serta belajar Matematika adalah belajar kreatif. Pada kenyataannya, hasil pembelajaran Matematika masih sangat rendah.
"Penyebab rendahnya hasil pembelajaran Matematika antara lain adalah struktur materi pada kurikulum Matematika yang tidak berurutan, serta kurikulum yang sebelumnya hanya menekankan pembelajaran keterampilan berhitung, maupun kurangnya aktifitas pembelajaran bernalar dan pembelajaran pemecahan masalah," cetusnya.
Bukan hanya itu saja, tetapi ada beberapa faktor lain yang juga mempengaruhi. Rendahnya kemampuan penguasaan materi guru dan rendahnya kemampuan metodologi pembelajaran oleh guru menjadi salah satu penyebabnya. Lalu, motivasi belajar siswa yang rendah juga dapat mempengaruhi penyebab rendahnya hasil pembelajaran Matematika.
Untuk itu, perlunya guru Matematika yang ideal dan menguasai materi, meliputi konsep dasar yang akan diajarkan, permasalahan dan aplikasinya, serta metode pembelajaran sesuai materi yang akan diajarkan.
