Reshuffle Kabinet 15 Juni: Zulhas Dan Hadi Tjahjanto Resmi Jadi Menteri

Laporan: Ari Harahap
Rabu, 15 Juni 2022 | 14:05 WIB
Pelantikan Menteri baru hasil Reshuffle/net
Pelantikan Menteri baru hasil Reshuffle/net

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik dua menteri baru yakni Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan dan mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/6).

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 64/P Tahun 2022 tentang pemberhentian dan pengangkatan menteri negara Kabinet Indonesia Maju dalam sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024 yang dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara, Nanik Purwanti.

Setelah pembacaan Keppres, Presiden Jokowi kemudian memimpin pembacaan sumpah jabatan yang diikuti oleh para menteri yang dilantik.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya pada bangsa dan negara," demikian bunyi sumpah jabatan itu.

Selain Zulhas dan Hadi, Jokowi juga melantik tiga wakil menteri (Wamen) baru untuk mengisi jajaran kabinet Indonesia Maju hari ini.

Ketiganya adalah Raja Juli Antoni sebagai Wamen ATR/BPN, John Wempi Watipo sebagai Wamendagri dan Afriansyah Noor sebagai Wamenaker.

Usai pembacaan sumpah, Jokowi menyalami Zulhas dan Hadi sebagai menteri serta tiga orang lainnya yang baru diangkat sebagai wamen.sinpo

Komentar: