Duh?ICW Ragukan Pimpinan KPK Era Firli Akan Tangkap Buronan Harun Masiku

Laporan: Khaerul Anam
Kamis, 19 Mei 2022 | 17:27 WIB
Peneliti ICW Kurniawan Ramadhana/net
Peneliti ICW Kurniawan Ramadhana/net

SinPo.id - Indonesia Corruption Watch (ICW) meragukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pimpinan Firli Bahuri akan menangkap buronan Harun Masiku.

Peneliti ICW Kurniawan Ramadhana menilai pimpinan KPK saat ini enggan menangkap Harun Masiku. Menurutnya buronan penyuap komisioner KPU itu tidak akan pernah tertangkap sampai pimpinan KPK era Firli lengser.

“Kami meyakini hingga akhir masa jabatan Firli cs sebagai Komisioner KPK, lembaga antirasuah itu akan terus menerus berkilah dengan segala argumentasinya untuk menunda mencari Harun Masiku” kata Kurnia Ramadhana, melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (19/5).

Kurniawan juga menyebut, akan ada banyak alasan yang bakal dilontarkan oleh para pimpinan KPK untuk menangkap buronan tersebut.

Kurniawan menduga, sumber persoalan pencarian buronan tersebut adalah karena pimpinan KPK takut berhadapan dengan aktor politik besar yang ada di balik Harun Masiku.

"Kalau pun ada pernyataan, baik Firli maupun Plt Jubir Penindakan KPK, kami duga hanya sekadar lip service semata," pungkasnya.

Diketahui, Harun Masiku merupakan mantan calon legislatif (caleg) penyuap mantan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan.

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli bahuri menegaskan akan terus mencari buronan korupsi termasuk Harun Masiku. Menurutnya, proses penangkapan buronan KPK hanya tinggal menunggu waktu.

"Karena sampai kapan pun akan tetap dicari KPK, hanya tunggu waktunya nanti pasti tertangkap," kata Firli kepada wartawan, di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (18/5).

Firli juga menyebut bahwa tersangka korupsi yang hingga kini masih buron, mereka tidak akan bisa tertidur dengan nyenyak.sinpo

Komentar: