Komisi IX-Kemenkes Segera Duduk Bersama Bahas Kasus Hepatitis Akut Misterius

Laporan: Ari Harahap
Kamis, 19 Mei 2022 | 17:18 WIB
Diskusi bertajuk "Hepatitis Akut Mengancam, Bagaimana Antisipasinya?" di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta/ist
Diskusi bertajuk "Hepatitis Akut Mengancam, Bagaimana Antisipasinya?" di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta/ist

SinPo.id - Komisi IX DPR RI akan mengundang Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk melakukan pembahasan terkait perkembangan kasus hepatitis akut misterius.

Nantinya, Komisi IX dan Kemenkes akan membahas langkah untuk antisipasi kasus hepatitis akut misterius ini agar tak berkembang seperti awal mula Covid-19.

Demikian disampaikan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena dalam diskusi bertajuk "Hepatitis Akut Mengancam, Bagaimana Antisipasinya?" di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (19/5).

"Komisi IX sudah memutuskan untuk mengundang Kementerian Kesehatan dan pihak terkait untuk soal hepatitis akut ini dibahas dengan rapat di Komisi IX, sehingga cukup otoritatif untuk kita mendengarkan apa saja keterangan dari semua pihak terkait," ujar Melki.

Menurut Melki, kasus hepatitis akut misterius ini seperti yang terjadi pada periode awal Covid-19 merebak.

Sehingga, dia berharap pemerintah dapat lebih antisipatif dalam menangani setiap kasus hepatitis yang muncul di periode awal ini.

"Karena ini seperti kalau kita lihat ini kurang lebih mirip dengan kejadian saat Covid-19 awal. Kita berpengalaman pada Covid-19 dan sekarang kita masuk di hepatitis akut. Mudah-mudahan kita lebih awal antisipatif dengan kejadian ini. Ini kondisinya seperti COVID-19 di periode awal," katanya.

Lebih lanjut, Legislator dari Fraksi Partai Golkar itu mendorong upaya pencegahan dalam menangani kasus hepatitis akut misterius ini.

"Karena posisi kita masih meraba-raba, tentu yang paling penting adalah pencegahan. Pencegahan dan memastikan agar dua jalur masuknya penyebab penyakit ini jangan sampai menghampiri anak-anak kita," tandasnya.sinpo

Komentar: