Puan Imbau Masyarakat Tak Euforia Berlebihan, Tetap Jaga Prokes Meski Boleh Lepas Masker

Laporan: Ari Harahap
Rabu, 18 Mei 2022 | 15:20 WIB
Ketua DPR RI, Puan Maharani/net
Ketua DPR RI, Puan Maharani/net

SinPo.id - Ketua DPR RI Puan Maharani mengimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan meskipun pemerintah telah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan penggunaan masker di ruang terbuka.

Puan berharap kebijakan pelonggaran penggunaan masker tidak ditanggapi dengan euforia berlebihan sehingga abai terhadap protokol kesehatan lainnya.

“Protokol kesehatan lain seperti mencuci tangan dengan sabun tidak hanya mencegah Covid-19 saja, tapi juga penyakit lain,” ujar Puan, dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (18/5)..

Puan justru menyarankan masyarakat menjadikan protokol kesehatan sebagai patokan dalam beraktivitas.

"Masker yang kita pakai akan mencegah berbagai macam penyakit yang ditularkan lewat udara.  Protokol kesehatan melindungi diri dan keluarga. Jangan terlalu euforia karena pelonggaran penggunaan masker ini," katanya.

Puan juga meminta masyarakat tetap untuk selalu memperhatikan kondisi kesehatan, terlebih Indonesia kini mulai memasukin musim pancaroba yang rentan memunculkan berbagai penyakit.

“Kalau bisa budayakan kebiasaan memakai masker seperti budaya higienis masyarakat Jepang sebagai proteksi diri dan lingkungan sekitar,” tegasnya.

Lebih lanjut, mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) mangapresiasi kebijakan Pemerintah terkait pelonggaran penggunaan masker di tengah masyarakat.

Menurutnya, diperbolehkannya masyarakat untuk melepas masker di ruang terbuka telah sesuai dengan perkembangan transisi menuju endemi Covid-19 yang semakin membaik.

“DPR RI mengapresiasi penanganan Pandemi Covid-19 oleh pemerintah sehingga kini masyarakat bisa melepas masker saat beraktivitas di luar ruang atau di area terbuka yang tidak ramai,” tandasnya.sinpo

Komentar: