Aksi May Day Fiesta! Presiden Buruh Tuntut Agar Ojol Dapat Jaminan Kerja

Laporan: Khaerul Anam
Sabtu, 14 Mei 2022 | 13:42 WIB
Presiden Buruh Said Iqbal memberikan keterangan pers/SinPo.id
Presiden Buruh Said Iqbal memberikan keterangan pers/SinPo.id

SinPo.id - Presiden Partai Buruh, Said Iqbal berpendapat bahwa pengemudi Ojek online (Ojol) harus mendapatkan hak-hak yang sama seperti pekerja pada umumnya.

Menurutnya hal tersebut bisa berupa jaminan kesehatan, jaminan pensiun di hari tua serta pemenuhan upah yang layak.

"Mereka berhak mendapat hak-hak sebagai pekerja, upah layak, jaminan kesehatan, jaminan pensiun dan jaminan jaminan lain," kata Said dalam jumpa persnya di depan gedung DPR MPR RI, Jakarta, Sabtu (14/5).

Iqbal menjelaskan, pemerintah bisa menggunakan kapasitasnya untuk memperhatikan nasib para pengemudi ojol yang tidak mendapatkan jaminan apapun sebagai pekerja.

Padahal, pengemudi ojol merupakan bidang pekerjaan yang paling banyak digandrungi masyarakat kalangan menengah ke bawah.

"Driver ojol adalah pekerja, bukan mitra kerja yang tidak jelas hubungan kerjanya, sehingga berhak mendapat hak hak sebagai pekerja," ungkapnya.

Selain itu, dia juga berharap pemerintah dapat memperhatikan jaminan kepada para pekerja yang lainnya, seperti pekerja rumah tangga (PRT) agar mendapat jaminan perlindungan yang layak.

Iqbal berharap, pemerintah mau menindaklanjuti dan mendengarkan aspirasi dari buruh pada aksi demonstrasi  yang digelar hari ini.

Ribuah Buruh dari berbagai simpul dan elemen memadati sudah jalan Gatot Subroto, depan Gedung DPR/MPR RI, Senayan, Jakarta dari pagi hari. Mereka berkumpul untuk menggelar demonstrasi memperingati May Day 2022.

Massa buruh yang didominasi kaos berwarna oranye bertuliskan 'Partai Buruh' juga membawa berbagai atribut aksi seperti poster dan berbagai bendera yang meramaikan jalannya aksi tersebut.

Diperkirakan ada sekitar 50 ribuan massa yang hadir dalam memperingati May Day 2022 tersebut. Sementara saat ini, massa aksi sudah berpindah ke Stadion GBK untuk menggelar acara selanjutnya yang bertajuk May Day Fiesta.sinpo

Komentar: