Dewan Pers SinPo

SEA Games Vietnam, Garuda Muda Gasak Filipina 4-0

Laporan: Bayu Primanda
Jumat, 13 Mei 2022 | 18:31 WIB
Indonesia vs Vietnam/net
Indonesia vs Vietnam/net

SinPo.id -  Skuad Garuda Muda Indonesia berhasil menang telak atas Filipina 4-0 dalam laga lanjutan Grup A SEA Games Hanoi 2021 pada Jumat (13/5).

Bertanding di stadion Viet Tri, Phu To, tim asuhan Shin Tae-yong tampil dominan sepanjang 90 waktu normal. Bahkan, Merah Putih unggul 2 gol lebih dulu pada babak pertama, sebelum akhirnya menggenapkan keunggulan jadi 4-0 di babak medua.

Gol-gol tersebut dicetak oleh  Muhammad Ridwan pada menit ke-18 dan Rizky Ridho di menit ke-44. Kemudian, Egy Maulana pada menit ke-74 dan penalti Marselino Ferdinan di menit ke-84.

Bermain di Vietnam, Filipina berusaha menekan Indonesia pada menit-menit awal laga. Beruntung, Shin Tae-yong berhasil memperbaiki penampilan lini belakang Garuda Muda sehingga mereka mampu tampil disiplin.

Jual beli serangan terjadi sepanjang 15 menit pertama laga berjalan, tapi sayang tak ada satupun yang berbuah gol.

Pada menit ke-18, Muhammad Ridwan memecah kebuntuan. Umpan panjang Rizky Ridho melepaskan Egy dari jebakan offside. Di depan gawang, Egy memberikan bola yang bisa disambar Muhammad Ridwan untuk membobol gawang Filipina. Indonesia unggul 1-0 di menit ke-18.

The Azkals-julukan Filipina- tak mau tinggal diam. Mereka langsung meningkatkan serangan ke lini belakang Indonesia.

Memasuki menit ke-40, giliran Egy Maulana Vikri menciptakan peluang. Meliuk-liuk diantara pemain Filipina, Egy melepaskan tendangan namun mampu diblok kiper Filipina, Kammeraad.

Gol!! Bola tendangan bebas kiriman Syahrian Abimanyu dari sisi kanan bisa ditanduk Rizky. Ia mendahului Kammeraad yang berusaha menggapai bola.

Indonesia pun mendapat kesempatan tendangan bebas pada menit ke-43, Syahrian Abimanyu yang jadi eksekutor mengirim umpan dari sisi kanan bisa ditanduk Rizky. Ia mendahului Kammeraad yang berusaha menggapai bola. Gol! Skor berubah 2-0 hingga turun minum.

Usai jeda, Filipina mencoba mengrjar ketertinggalan. The Azkarls tampil all out menyerang pertahanan Garuda Muda.

Hal Ini membuat banyak celah di lini pertahanan mereka. Celah tersebut pun dimanfaatkan oleh Indonesia.

Gol!!! Egy yang bergerak dari sisi kanan kotak penalti mendapat bola dari Irfan Jauhari. Ia langsung melepas tembakan keras yang membobol gawang Filipina. Indonesia unggul 3-0 di menit ke-74.

Pada menit ke-84, Indonesia mendapatkan hadiah penalti setelah penetrasi cepat Ronaldo Kwateh dijatuhkan Enrique Linares.

Gol!!! Marselno Ferdinan yang maju sebagai eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik. Tembakannya ke arah kiri gawang mengecoh Kammeraad. Skor 4-0 untuk Indonesia tak berubah hingga babak kedua selesai.

Hasil ini membawa Indonesia mengumpulkan enam angka dari tiga laga menyamai poin Myanmar di puncak klasemen. Sementara untuk Filipina, kekalahan atas Indonesia membuat poin mereka mentok di empat angka dan dipastikan gagal lolos ke semifinal.sinpo

Komentar: