Terungkap! Penculik 12 Anak Di Jaksel-Tangsel Mantan Napi Teroris, Sudah 3 Kali Dipenjara

Laporan: Samsudin
Jumat, 13 Mei 2022 | 09:58 WIB
Pelaku penculikan anak yang berhasil ditangkap polisi/net
Pelaku penculikan anak yang berhasil ditangkap polisi/net

SinPo.id - Polisi berhasil menangkap pelaku penculikan bocah asal Bogor, F (11), di kawasan Senayan, Jakarta serta dan K (12) yang terjadi dalam waktu berdekatan sebelumnya.

Hasil pengembangan ditemukan 10 orang anak laki-laki dengan rata-rata usia 10-14 tahun diduga korban penculikan. Mereka berasal dari wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, dan Tangerang Selatan.

Tersangka mengaku sudah 12 kali melakukan penculikan anak. Selain di Jakarta dan Bogor, tersangka pernah menculik anak di Tangerang Selatan.

"Pelaku kami tangkap bersama 10 orang anak yang berhasil kita amankan," ujar Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin, kemarin.

Pelaku penculikan diketahui bernama Abbi Rizal Afif (ARA), (28). Pelaku ternyata pernah terlibat kasus terorisme. Warga Kota Depok, Jawa Barat, itu mengaku sudah tiga kali menjalani hukuman pidana dan pernah mengikuti pelatihan di Poso selama tujuh bulan.
 
"Kami akan bekerja sama dengan Densus 88 untuk melakukan pendalaman dan pengembangan terhadap permasalahan ini," kata Iman.

Kasat Reskrim Polres Bogor Ajun Komisaris Siswo Tarigan mengatakan tersangka yang bekerja sebagai buruh harian lepas itu baru keluar dari Lembaga Permasyarakatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Februari lalu. Tersangka tiga kali keluar masuk Lapas.

"Dua di antaranya tindak pidana terorisme, satu lainnya keterangan yang bersangkutan terkait perkara penipuan," ucap Siswo.
 
Polisi akan mendalami kemungkinan keterkaitan anak yang diculik dengan kegiatan terorisme. Sementara ini, dari keterangan korban belum mengarah pada kegiatan terorisme. Polisi juga mendalami dugaan pencabulan terhadap para korban.
 
"Makanya kami butuh pendalaman, butuh bantuan dari orang tua korban untuk bisa menanyakan secara intens ke anak-anak itu," ucap Siswo.

Adapun 10 anak yang menjadi korban penculikan adalah:
1. F (asal Jakpus)
2. FA (asal Jakpus)
3. G (asal Jakpus)
4. J (asal Jakbar)
5. MA (asal Jakpus)
6. C (asal Jakpus)
7. K (asal Jaksel)
8. MR (asal Jakpus)
9. MO (asal Jakpus)
10. N (asal Jakpus).sinpo

Komentar: