Eks Napi Teroris Penculik 12 Anak Ditangkap! Pelaku Pembakar Rumah Uje Diduga Kelainan Seks

Laporan: Samsudin
Jumat, 13 Mei 2022 | 10:23 WIB
Eks napiter penculik 12 anak ditangkap polisi/net
Eks napiter penculik 12 anak ditangkap polisi/net

SinPo.id - Mantan Narapidana Teroris (Napiter) Abbi Rizal Afif pelaku penculikan anak di Bogor-Jaksel kini mendekam di penjara setelah diamankan polisi pada Kamis (12/5). Total 12 anak diculuk pelaku.

Pelaku diduga kuat mempunyai kelainan seksual, ia menculik dengan tujuan memuaskan nafsu birahinya. Salah satu korban K, mengaku mendapatkan paksaan kekerasan seksual dari tersangka.

Kasat Reskrim Polres Bogor AKP Siswo Tarigan mengatakan tersangka menculik bocah F dan K dengan mengaku-aku sebagai polisi. Pelaku membawa korban pura-pura menegur karena tidak pakai masker.

"Pelaku ini menegur karena (korban) mereka melanggar prokes karena tidak memakai masker. Pelaku ini mengaku sebagai aparat kepolisian," ujar SIswo di Polres Bogor, Kamis (12/5).

Rizal Afif lalu membawa korban berputar-putar keliling kota. Sejauh ini Polres Bogor masih mendalami motif penculikan yang dilakukan Rizal ini.

Terpisah, Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Budhi Herdi mengatakan tersangka membawa bocah K berputar-putar keliling kota dari Jakarta-Cianjur-Bogor dan kembali lagi ke Jakarta.

"Dari keterangan K, dia sempat dibawa ke Cianjur, muter-muter ke Bogor terus balik ke Jakarta," kata Kombes Budhi kemarin.

"Keterangan korban dia sempat dipaksa melakukan sesuatu di luar batas normal. Ini kalau kami lihat modus dari pelaku ini ujung-ujungnya adalah penyimpangan seks yang dimiliki pelaku," jelasnya.


Polisi telah mengembalikan korban K kepada orang tuanya. Polisi juga akan memberikan trauma healing kepada bocah K.

Pernah Bakar Rumah Al Uje

Sebagai mantan napiter dan sering keluar masuk penjara, Abi Rizal Afif ini tercatat sebagai warga Bojongsari, Depok. Ketua RT setempat, Muhammad Ahyarudin, membenarkan Rizal Afif adalah warganya.

Dikatakan Ahyarudin, Rizal sempat tinggal di wilayahnya mengikuti kakak dari orang tua. Namun, lebih dari 5 tahun sosoknya tak terlihat.

"Dia dari masih kecil di sini. Sebelum saya menjabat dia pun sudah tinggal di sini, yaitu dengan mengikuti uwanya. Semenjak kejadian Uje, ngambil HP, ngambil gas, sudah hilang begitu saja," papar Ahyarudin.

Usut punya usut, Rizal Afif ini ternyata orang bermasalah. Ahyarudin mengungkap bahwa Rizal Afif ini pernah merampok dan membakar rumah almarhum Ustaz Jefri Al-Buchori alias Uje, yang kini ditempati istrinya, Pipik Dian Irawati alias Umi Pipik, pada 2014.

"Kejadian pas masalah di Pondok Indah, itu masalah rumah kebakar almarhum Uje. Yang kasus Uje itu saya belum jadi RT, baru pejabat sementara, plt," ujar Ahyarudin.

Setelah kasus pembakaran di rumah Uje berlalu, Rizal Afif kemudian tinggal bersama pamannya di Depok. Rizal Afif dikenal sering berulah.

Ahyarudin mengetahui jika Rizal pernah masuk penjara karena beberapa kasus. Ahyarudin tak menyangka Rizal kembali berulah setelah bebas dari jeruji.

"Beberapa tahun kemudian sudah bebas. Terus kejadian lagi masalah di Kali Andong, kampung sebelah, nyolong HP di kontrakan. Nyolong gas juga. Saya pikir sudah masuk (penjara) gak berulang lagi, ternyata berulah lagi," ungkapnya.

Terkait hal ini, Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin juga membenarkan jika tersangka pernah merampok dan membakar rumah Alm. Ustaz Uje.

"Iya, dia pernah bakar rumah Ustaz Uje," kata AKBP Iman saat dihubungi.

Adapun 10 anak yang menjadi korban penculikan adalah:
1. F (asal Jakpus)
2. FA (asal Jakpus)
3. G (asal Jakpus)
4. J (asal Jakbar)
5. MA (asal Jakpus)
6. C (asal Jakpus)
7. K (asal Jaksel)
8. MR (asal Jakpus)
9. MO (asal Jakpus)
10. N (asal Jakpus).sinpo

Komentar: