Panglima TNI: Jangan Terprovokasi dan Terpengaruh Dari Film G30S/PKI

Oleh: Redaksi
Selasa, 19 September 2017 | 10:16 WIB
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo - Foto: Istimewa
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo - Foto: Istimewa

Jakarta, sinpo.id - Berdasarkan pandangan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, sejarah Indonesia di masa lalu wajib diketahui oleh generasi penerus bangsa/generasi muda. Salah satu sejarah Indonesia yang selalu hangat dibicarakan setiap bulan September yaitu sejarah Partai Komunis Indonesia (PKI) yang dikemas dalam film pengkhianatan G30S/PKI. Hal tersebut disampaikan Gatot melalui keterangan tertulis kepada wartawan, Senin (18/9).

"Tujuannya bukan untuk mendiskreditkan siapa yang salah, tapi memberi gambaran jangan sampai peristiwa yang pahit dan hitam itu terjadi lagi," ujarnya.

Ia berpandangan, dengan pemutaran film tersebut maka masyarakat diingatkan agar peristiwa serupa tak terulang lagi.

"Jangan sampai generasi muda kita terpengaruh lagi, terkotak-kotak lagi, akhirnya terjadi peristiwa kelam," tegas Garot.

Berbekal pesan Presiden Pertama RI Soekarno, tentang jangan sekali-sekali melupakan sejarah atau “Jas Merah”, Gatot juga mengaku telah memerintahkan jajarannya untuk memutar film tersebut di satuan masing-masing.

“Saya tidak berpolemik dan hanya meneruskan sejarah yang terjadi saat itu kepada generasi muda, kalau menurut sejarah tidak boleh, mau jadi apa bangsa ini. Dengan menyaksikan film G30S/PKI, hendaknya jangan sampai terprovokasi dan terpengaruh," tutupnya.sinpo

Komentar: