Dokter Terawan Masih Buka Praktik Meski Dipecat IDI

Laporan: Bayu Primanda
Senin, 28 Maret 2022 | 14:51 WIB
Terawan Agus Putranto/net
Terawan Agus Putranto/net

SinPo.id -  Mantan Menteri Kesehatan dokter Terawan Agus Putranto masih membuka praktik meski dirinya telah dipecat dari keanggotaan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Hal ini disampaikan Tim Komunikasi Terawan, Andi, yang juga pernah menjabat Tenaga Ahli (TA) dr Terawan saat menjadi Menkes. 

Saat dihubungi, Andi menuturkan bahwa praktik Terawan masih berjalan dan masih menangani pasien di Rumah Sakit Dinas Kesehatan Tentara (RSDKT) Slamet Riyadi Solo, Jawa Tengah.

"Jumat praktik, Selasa sampai Sabtu praktik, sisa waktunya beliau, kasihan pasiennya ngantre semua," kata Andi saat dihubungi, Senin (28/3).

Lewat Andi, Terawan mengimbau teman seprofesinya untuk menahan diri agar tidak timbul kekisruhan atas pemecatan dirinya dari IDI.

"Pak Terawan mengimbau, teman-teman sejawat dan yang lain agar bisa menahan diri untuk tidak menimbulkan kekisruhan publik, karena kita masih menghadapi pandemi COVID-19, kasihan masyarakat dan saudara-saudara sejawat yang di daerah, puskesmas, rumah sakit dan lain-lain ikut terganggu," ungkapnya.

Sebelumnya, IDI memecat Terawan dari keanggotaan. Pemecatan Terawan sebagai anggota IDI berdasarkan keputusan Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK). Keputusan itu disampaikan dalam Muktakar Ke-31 IDI yang digelar di Aceh.

Terawan pun tidak diizinkan melakukan praktik kedokteran.Hal itu dikonfirmasi Ketua Panitia Muktamar Ke-31 IDI dr Nasrul Musadir Alsa, Sabtu (26/3).

"Iya (dipecat), dari hasil muktamar yang kami terima ya. Dari hasil yang kita terima yang diserahkan panitia memang begitu, (sesuai) MKEK iya," kata dr Nasrul Musadir Alsa.sinpo

Komentar: