KLHK Ingin Tutup Ratusan Ribu Lubang Bekas Tambang di IKN

Laporan: Bayu Primanda
Senin, 28 Maret 2022 | 14:39 WIB
Lubang tambang yang terhampar di sejumlah wilayah Kalimantan Timur/net
Lubang tambang yang terhampar di sejumlah wilayah Kalimantan Timur/net

SinPo.id -  Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan bahwa pihaknya saat ini sedang berupaya menutup ratusan ribu lubang bekas tambang yang ada di Pulau Kalimantan.

Sejauh ini, terdapat 154 ribu lubang bekas tambang yang berhasil didata Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di wilayah Kalimantan Timur. 

Sebanyak 29 ribu di antaranya berada di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Bagian lain yang jadi urusan Menteri LHK adalah lubang tambang dan rencana pemulihan bekas tambang. Ini datanya untuk seluruh Kaltim itu bukaan tambangnya ada 154 ribuan," ujar Menteri Siti saat rapat kerja dengan Komisi IV DPR, Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (28/3).

Siti mengatakan pihaknya akan memulihkan pemulihan di bekas lubang tambang yang berada di kawasan IKN. Pihaknya sudah melakukan uji coba.

"Yang di kawasan IKN catatan kami sementara 29 ribu, tapi memang kita sudah mengawali mencoba untuk mengecek dan melakukan uji coba pemulihan," ungkap Siti.

Lebih lanjut, Siti mengatakan bekas tambang yang berair bisa dijadikan sumber air untuk IKN. Namun, untuk kadar pH air masih diidentifikasi.

"Dan bekas tambang yang berair ini seharusnya bisa menjadi sumber air untuk IKN. Ini pH-nya rendah ada yang sampai 2,6 ada yang 3, pH itu kalau 3,5 itu air jeruk nipis. Ini asamnya ada yang lebih rendah lebih asam lagi, ini terus diidentifikasi oleh kementerian," tutur Siti.sinpo

Komentar: