Update: Perahu Tujuh Nelayan NTT Hilang Kontak Di Perairan Indonesia-Australia Ditemukan

Laporan: Samsudin
Sabtu, 26 Maret 2022 | 13:13 WIB
perahu nelayan Ronde hilang kontak ditemukan/net
perahu nelayan Ronde hilang kontak ditemukan/net

SinPo.id - Kapal Motor Diaskuri yang ditumpangi tujuh nelayan asal Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur, dilaporkan hilang kontak di wilayah perbatasan laut Indonesia dengan Australia, Kamis (24/3).

Kepala Kantor Basarnas Kelas A Kupang Emi Friezer di Kupang, mengatakan, saat itu pihaknya menerima informasi dari BCC (Basarnas Command Center) ada perahu yang mengalami kerusakan mesin di wilayah perairan Indonesia-Australia.

Atas informasi itu, tim Basarnas Kupang didukung dengan Kapal Negara SAR Antareja 233 lantas diberangkatkan ke lokasi pada Jumat (25/3) untuk melakukan operasi pencarian dan penyelamatan.

Tim SAR yang dilibatkan dalam operasi SAR ke wilayah perairan Australia itu, antara lain tim SAR Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Kupang, ABK KN SAR Antareja 233, personel Satuan Patroli Lantamal VII Kupang serta dari Bakamla Kupang.

Ditemukan

Setelah melakukan upaya pencarian, perahu nelayan tersebut berhasil ditemukan. Tujuh nelayan yang berada di dalam kapal itu semuanya selamat.

Tim SAR mendapati kapal tersebut mengalami permasalahan mesin di sekitar wilayah perbatasan laut Indonesia dengan Australia dan kemudian mengevakuasi kapal beserta nakhoda dan anak buah kapal tersebut.

KM Dioskuri dan nelayan yang ada di dalamnya dievakuasi ke Papela, sekitar 45,5 mil laut dari lokasi kapal ditemukan.

"KM Dioskuri tiba di Pelabuhan Papela pada Sabtu (26/3) pukul 04.00 WITA bersama seluruh ABK (anak buah kapal)," kata Emi.sinpo

Komentar: