Ini Alasan Pemerintah Pilih Kalimantan Jadi Lokasi Ibukota Baru

Laporan: Bayu Primanda
Minggu, 13 Februari 2022 | 10:09 WIB
Ilustrasi IKN/net
Ilustrasi IKN/net

SinPo.id -  Pemerintah akhirnya secara resmi memilih pulau Kalimantan sebagai lokasi pembangunan Ibukota Negara Nusantara (IKN), dan diplot sebagai pengganti Jakarta.

Terpilihnya Kalimantan sebagai lokasi pembangunan IKN, lantaran letak geografisnya yang berada di tengah-tengah Indonesia, sehingga pemerataan pembangunan bisa lebih terpantau.

Hal ini disampaikan Dubes RI untuk Kazakhstan dan Tajikistan yang juga mantan juru bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rahman dalam acara Webinar Nasional oleh Borneo Muda dengan tema “Mencari Pemimpin Ideal Otorita IKN Nusantara”, pada Sabtu (12/2).

"Posisi geografis Kalimantan Timur yang tepat berada di tengah Indonesia diharapkan mampu menurunkan ketimpangan kue pembangunan dan ekonomi yang selama ini terpusat di wilayah barat yakni pulau Jawa dan Sumatera," kata Fadjroel.

Sama halnya dengan pemerataan ekonomi, Fadjroel berharap pembangunan IKN bisa memberi manfaat yang bisa dirasakan rakyat Indonesia secara lebih luas, bukan hanya terpusat di Jakarta.

"Diharapkan (proyek IKN) Amampu menciptakan multiplier effect bagi pembangunan dan pertumbuhan ekonomi yang lebih merata untuk kawasan Tengah dan Timur Indonesia." kata Fadjroel.

sinpo

Komentar: