Pembangunan IKN Diharapkan Tidak Menciptakan Minoritas Baru

Laporan: Bayu Primanda
Minggu, 13 Februari 2022 | 09:54 WIB
Teras Narang (tengah)/net
Teras Narang (tengah)/net

SinPo.id - Proyek pembangunan Ibukota Negara Nusantara (IKN) menjadi harapan segenap rakyat Indonesia. Proyek tersebut diharapkan bisa menjembatani kesenjangan pembangunan yang tidak merata di Indonesia.

Terkait hal ini, mantan Gubernur Kalimantan Tengah, Teras Narang berharap agar IKN tidak menciptakan minoritas baru.

Hal itu disampaikan Teras Narang Webinar Nasional oleh Borneo Muda dengan tema “Mencari Pemimpin Ideal Otorita IKN Nusantara” pada hari Sabtu (12/2).

"Harapannya agar IKN Nusantara ini tidak menciptakan new minority (minoritas baru) di Kalimantan, utama nya bagi masyarakat asli Kalimantan untuk tidak hanya menjadi penonton saja, melainkan menjadi aktor utama dalam proses pembangunan dan mengisi pemindahan IKN Nusantara di segala sektor," kata Teras Narang.

Mantan Gubernur Kalteng itu juga memaparkan serta siap menyongsong quantum leap (lompatan quantum) masyarakat industri 5.0 yang menempatkan Indonesia di negara 3 besar dunia.

Ia berharap, proyek IKN dilaksanakan tanpa mengesampingkan kondisi lingkungan. Diketahui, Kalimantan merupakan salah satu paru-pari dunia yang masih memiliki kawasan hutan yang luas.

"Diharapkan agar pembangunan IKN Nusantara nanti harus ramah lingkungan dan tidak merusak alam." kata Teras Narang.
sinpo

Komentar: