Ketua Komisi IV DPR RI: Gula Petani Tidak Laku Dipasaran

Oleh: Razak Akbar
Senin, 28 Agustus 2017 | 15:32 WIB
Edhy Prabowo - Foto: Ilustrasi
Edhy Prabowo - Foto: Ilustrasi

Jakarta, sinpo.id - Edhy Prabowo selaku Ketua Komisi IV DPR RI berharap Pemerintah bersikap serius menangani penumpukan gula hasil petani sebanyak ribuan Ton di berbagai daerah demi kelangsungan kehidupan para petani gula.

Beliau menegaskan, Regulasi Pemerintah seharusnya dapat menguntungkan petani, selain mencabut PPN, Pemerintah juga harus memberi kelonggaran terkait SNI.

“ Karena itu, pemberian label SNI harus lebih fleksibel. Jangan hanya karena warna gula sedikit kuning langsung dinyatakan tidak SNI dan pabriknya langsung di tutup,” papar Edhy.

Edhy juga menambahkan, Pemerintah seharusnya mengajak para petani berdiskusi dan memberikan edukasi, bukan langsung mengeksekusi. Mengingat rata-rata pabrik milik petani sudah berusia tua dan kalah oleh pihak swasta yang alatnya lebih modern.

“Presiden Jokowi pernah berjanji akan membangun 10 pabrik Gula baru saat kampanye lalu, sampai saat ini jangankan satu pabrik tercipta, pabrik yang lama saja tidak diperhatikan, Kesejahteraan Petani gula semakin tertekan karena kesulitan dalam pemasaran, sekali lagi, penguasa harus berpihak kepada kaum tani,” tegasnya mengakhiri.sinpo

Komentar: