Firli Bahuri: KPK Siap Pindah Ke Ibu Kota Baru Nusantara

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 02 Februari 2022 | 15:40 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri/net
Ketua KPK Firli Bahuri/net

SinPo.id - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyatakan kesiapannya untuk pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur. Firli tidak merasa keberatan untuk pindah karena tugas dan perannya sebagai aparatur sipil negara (ASN).

"Kami tidak pernah berkeberatan pindah, hal yang mendasari yaitu peran kami sebagai aparatur sipil negara (ASN)," kata Firli saat koferensi pers di Gedung Merah Putih KPK Jakarta, Rabu (2/2).

Firli menjelaskan, sebagai ASN ada tiga hal yang harus diperhatikan oleh lembaga antirasuah, yaitu pertama KPK harus bisa menjadi pelaksana kebijakan dari pemerintah ke masyarakat.

Kedua, KPK harus bisa menjadi pemberi layanan publik yang baik kepada masyarakat, dan yang ketiga, ASN itu merupakan perekat kesatuan dan persatuan bangsa dan negara.

"Di mana pun KPK berada, tiga hal tersebut harus dimainkan dan UU 19/2019 menyebut KPK berkedudukan di ibu kota negara ini yang harus dilaksanakan," ucap Firli.

Firli mengungkapkan, dalam rangka pengawasan perencanaan dan pembangunan IKN KPK ingin melakukan sejumlah hal.

Hal pertama yang dilakukan adalah sinergi dengan sejumlah kementerian dan lembaga yang terkait IKN, seperti Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan lainnya.

Kedua, koordinasi penyiapan lahan maupun pembangunan infrastruktur terkait dengan tata kelola pemerintahan. Dan yang ketiga yaitu pendampingan persiapan dan perencanaan khususnya untuk program pelaksanaan pengadaan barang dan jasa, khususnya melalui Strategi Nasional (Stranas) Pencegahan Korupsi.

"Kami juga membuka aplikasi Jaga IKN agar masyarakat turut serta dalam pencegahan korupsi di IKN," ungkapnya.

Hal itu diungkapkan Firli ketika mendapatkan kunjungan audiensi dari Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa di Gedung KPK, Jakarta.

Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengajak KPK untuk melakukan pengawasan dalam perencanaan dan pembangunan ibu kota negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.sinpo

Komentar: