OTT Lagi! KPK Dikabarkan Tangkap Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin Angin

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 19 Januari 2022 | 15:08 WIB
Bupati Langkat Terbit Rencana Terangin Angin/net
Bupati Langkat Terbit Rencana Terangin Angin/net

SinPo.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan Operasi Tangkap Tangan di Kabupaten Langkat Sumatera Utara, pada Selasa malam pukul 19.00 WIB, diduga KPK juga menangkap beberapa pihak termasuk Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin Angin.

"Benar KPK melakukan giat tangkap tangan di Langkat, sekitar jam 19.00 WIB tadi malam, 18 Januari 2022," kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron kepada wartawan di Jakarta, Rabu (19/1).

Ghufron menjelaskan, pada saat tangkap tangan dilakukan, selain mengamankan beberapa pihak, tim KPK juga mengamankan sejumlah uang sebagai barang bukti.

"Kami telah mengamankan beberapa pihak dan sejumlah uang sebagai bukti yg diperoleh pada saat tangkap tangan," ucap Ghufron.

Sebelumnya, Pelaksana tugas Juru Bicara Bidang Penindakan Ali Fikri membenarkan terjadinya tangkap tangan di Kabupaten Langkat dalam operasi senyap yang dilakukan tim KPK.

“Benar, informasi yang kami peroleh, Selasa (18/1) malam tim KPK berhasil menangkap beberapa pihak dalam kegiatan tangkap tangan terkait dugaan tindak pidana korupsi di Kabupaten Langkat, Propinsi Sumatera Utara,” kata Ali Fikri.

Ali menjelaskan bahwa saat ini tim KPK segera melakukan permintaan keterangan dan klarifikasi kepada pihak-pihak yang diamankan.

 “Waktu yang dibutuhkan KPK maksimal 24 jam untuk menentukan sikap dari hasil seluruh pemeriksaan yang masih berlangsung saat ini,” jelasnya.

Ali menuturkan bahwa pemeriksaan dan klarifikasi dilakukan agar dapat disimpulkan apakah dari bukti awal benar ditemukan adanya peristiwa pidana korupsi.

“Kemudian juga apakah ditemukan pihak yang bisa dipertanggungjawabkan secara hukum ataukah tidak. Perkembangannya akan kami sampaikan lebih lanjut,” ucapnya.

Dengan adanya OTT ini, KPK sudah menciduk tiga orang pejabat pemerintah di peristiwa yang berbeda.

Pekan lalu, KPK melakukan OTT kepada Bupati Penajam Paser Utara. Sedangkan dua pekan sebelumnya, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi di tangkap lembaga antirasuah.sinpo

Komentar: