Kapolri Pantau Kasus Mahasiswi Yatim Bunuh Diri Diduga Terkait Oknum Polisi

Laporan: Samsudin
Sabtu, 04 Desember 2021 | 20:43 WIB
Kapolri Jenderal Listo Sigit/ist
Kapolri Jenderal Listo Sigit/ist

SinPo.id - Kasus mahasiswi cantik NW meninggal bunuh diri di samping makam ayahandanya, Kamis (2/12) mengundang simpatik luas. Pasalnya, NW mengakhiri hidupnya diduga terkait persoalan asmara dengan seorang pria berinisial R yang disebut-sebut oknum anggota Polisi yang bertugas di Polres Pasuruan. 

Pada Sabtu (4/12), tagar #SAVENOVIAWIDYASARI trending di Twitter. Hingga pukul 20.22 WIB ini, tagar terkait NW sudah diretweet lebih dari 90 ribu kali. Netizen turut menyampaikan pendapat dan meminta mahasiswi Universitas Brawijaya yang merupakan warga Dusun Sugihan, Desa Japan, Kecamatan Suko, Kabupaten Mojokerto dikawal hingga tuntas.

Salah seorang netizen yang turut memantau kasus itu yakni Ayang Utriza Yakin. Melalui akun Twitternya @Ayang_Utriza, ia menandai akun Kapolri Jenderal Listyo Sigit dan meminta untuk ditindak.

“YM. Bapak Kapolri @ListyoSigitP, @DivHumas_Polri. Rakyat menunggu ketegasan Bapak,” cuitnya.

Cuitan Ayang Utriza Yakin pun direspon Kapolri. Menjawab hal itu, Listyo Sigit menyampaikan terimakasih atas informasi yang disampaikan.

"Terima kasih informasinya, saat ini permasalahan sedang dalam penanganan Polda Jawa Timur," ujar Sigit dikutip SinPo.id.

Jenderal Sigit menyatakan hasil dari penyelidikan bakal disampaikan kepada masyarakat. Sementara itu, Bripda RB saat ini sedang diperiksa oleh Propam Polda Jawa Timur. Tim investigasi pun telah dibentuk untuk mengusur kebenaran soal motif bunuh diri NWR lantaran diperkosa oleh Bripda RB.

"Akan segera disampaikan kepada masyarakat hasilnya. Salam Presisi," kata Sigit.’

Diketahui, trending tagar di jagad Twitter #SAVENOVIAWIDYASARI dan #Quora pada Sabtu. Tagar ini bermula dari beredarnya sebuah fakta baru di jagat media sosial terkait pengakuan teman korban atas kematian mahasiswi berinisial NW yang melakukan aksi bunuh diri dengan cara meminum racun di dekat makam sang ayah.

Menurut kabar yang beredar, korban melakukan aksinya itu dipicu depresi seusai ditinggal oleh sang Ayah, seperti Berita yang ramai tersiar di media. Kamis, 2 Desember 2021.

Namun fakta baru diungkapkan pada tweet yang dibagikan oleh akun @eponinthernard yang berisi tangkap layar sebuah thread dari akun Twitter @belawsz yang mengaku teman dekat korban yang dibagikan pada 3 Desember 2021 kemarin. Thread tersebut berisi kronologi meninggalnya NW.

Berikut isi threadnya.

"Aku dan NW bisa dibilang cukup dekat, terakhir kontak dengan NW aku mau minta tolong untuk bantu usaha kecil aku tanggal 1 Oktober kemarin. Baru tadi pagi aku liat story teman NW, sebut saja AN yang ngasih tau kalau NW meninggal karena bunuh diri."

"NW memang bunuh diri tetap bukan karena ditinggal ayahnya (Emot menangis). Akhirnya aku kontek AN, aku minta cerita semuanya ke aku. dan kita sepakat untuk up ke media, AN udah minta wartawan untuk membenarkan kronologinya"

"Kronologi penyebab utama korban bunuh diri. Berikut chat NW ke AN, Sabtu 20 November 2021 jam 17.32 dia chat dengan kata-kata.

[17.32.05] Novia Mjk : aku pgn crito (Aku pengen cerita)

[17.32.08] Novia Mjk : tp bingung teko ndi (Tapi bingung darimana)

[17.32.11] Novia Mjk : pgn telfon"

"Akhirnya langsung AN telpon. Dia menceritakan dari awal kejadian dia dibawa ke penginapan oleh R (kekasihnya NW), lalu diberi obat & dipaksa meminum obat itu, setelah itu dia tertidur. Sekitar setelah 4 bulan kejadian ini dia menyadari bahwa dia hamil, dan langsung lapor ke R."

"R mengetahui hal itu selalu membujuk untuk menggugurkan tetapi korban enggan melakukannya, sampai pada akhirnya tidak ada kejelasan dari R, korban akhirnya melaporkan kepada orang tua R."

"Dan akhirnya korban diajak makan bersama dengan R dan kedua orang tua R. Saat itu keluarga R berbicara bahwa akan bertanggung jawab, setelah pulang dari tempat makan mengajak korban untuk pulang ke rumah dan membicarakan dengan ibu korban."

"Sesampainya di rumah korban, orang tua R menyampaikan hal yang sangat berbeda jauh. To the point ' Bu mohon maaf kalau R dan NW belum bisa jika secepatnya ke jenjang serius karena posisi R masih punya kakak yang belum menikah, dan R pun masih awal jadi P*lisi."

"(Dalam kondisi ibu korban belum mengetahui kondisi korban dan apa maksud yang dibicarakan orang tua R). Esoknya rumah si korban tiba-tiba seperti dilempar bom (hanya suara saja) dan tiba-tiba mati lampu tapi hanya di rumah korban saja tidak dengan rumah di sekitarnya, dan itu berlangsung 2 hari."

Sontak thread inipun mendapat berbagai reaksi dari para netizen.

"Ibu pelaku kaya gak punya insting sesama cewe dah, Sans amat anaknya ngehamilin orang, ya Allah cepet dibales perbuatannya yang setimpal." Tulis akun @gamoninsatria.

"Innalilahi, aku sempet baca ceritanya di Quora, lengkap banget ceritanya. Banyak yang semangatin dia di sana, tapi akhirnya mbaknya menyerah (Emot menangis), Khusnul khotimah, mbak (Emot menangis)." Tulis akun @mitudd***

sinpo

Komentar: