Pray For Semeru! Doa Terbaik Anak Bangsa Untuk Seluruh Warga Sekitar

Laporan: Samsudin
Sabtu, 04 Desember 2021 | 19:13 WIB
Erupsi gunung merapi/Twitter
Erupsi gunung merapi/Twitter

SinPo.id - Gunung Semeru mengalami peningkatan aktivitas vulkanik yang ditunjukkan dengan terjadinya guguran awan panas mengarah ke Besuk Kobokan, Desa Sapiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pada Sabtu (4/12) pukul 15.20 WIB.

Sebagai sesama anak bangsa, doa terbaik dipanjatkan masyarakat, anak bangsa untuk keselamatan saudara-saudara kita di sekitar gunung Semeru.

“Mari sejenak memanjatkan doa terbaik untuk saudara-saudara kita yang berada di kawasan Gunung Semeru dan sekitarnya,” tulis admin akun @Persija_Jkt.

“Doa dan dukungan untuk teman-teman yang berada di sekitar kaki gunung Semeru. Semoga keadaan lekas membaik,” BRI Liga 1 @Liga1Match.

“Mari bersama panjatkan doa untuk korban terdampak dari erupsi Gunung Semeru. Semoga diberikan keselamatan dan kekuatan untuk menghadapi bencana yang menimpa,” Bali United FC @BaliUtd.

“Innalillahi... Allahumma ajirnii fii musibatii wakhluflii khoiron minha. Do'a terbaik utk saudara-saudara kita yg berada di sekitar kaki Gunung Semeru, Kab. Lumajang,” tulis Menparekraf Sandiaga Uno.

“Mari tmn2 semua, kita doakan saudara2 kita warga sekitar Gunung Semeru agar selalu Allah jaga & lindungi dari bencana ini. Lahumul faatihah,” ajak ustadz Hilmi Firdausi, @Hilmi28.

“Bismillah. Stay safe, kawan-kawan di Semeru dan sekitar,” imbuh musisi Fiersa Besari @FiersaBesari.

“Saudaraku di lereng Semeru, ttp semangat. Kalian lebih tau dr kami ttg Semeru, lbh paham dr kami hrs bgmn disana mk kami tak pantas menggurui kalian. Aku berdoa, semoga kalian di sana semua selamat,” tulis Ferdinand Hutahaean @FerdinandHaean3.

“Semoga masyarakat sekitarnya diberi perlindungan Oleh Sang Yang Penguasa Alam,” Anak Bungsu @Ragilkunings.

“Mari sejenak kita bermunajat semoga saudara saudara kita yang terkena musibah erupsi gunung semeru diberikan ketabahan dan kesabaran,” Official Ansor Magetan @gpansormagetan.

“Mari berdoa yang terbaik untuk saudara-saudara kita terdampak letusan Gunung Semeru, Jawa Timur. Mari berikan bantuan kemanusiaan untuk meringankan beban saudara-saudara kita.   @nucare_lazisnu. Semoga kita semua diberi kekuatan, kesabaran serta dimudahkan untuk bangkit kembali,” doa Nahdlatul Ulama @nahdlatululama.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang menyampaikan belasungkawa atas korban dan warga meninggal akibat letusan gunung Semeru Lumajang Jawa Timur.

“Semoga yang meninggal ditempatkan sebagai syahid dan diterima di sisi Allah. Sementara korban luka atau lainnya dapat tertangani dengan baik. Kepada para pengungsi agar sabar dan memperoleh pelayanan yang baik,”  tutur Haedar Nashir Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah pada Sabtu (12/4).

Ketua PP Muhammadiyah juga mendoakan kepada seluruh keluarga terdampak Erupsi Semeru maupun para para petugas dan relawan yang tengah bertugas di lokasi.

Haedar juga berpesan kepada segenap komponen Muhammadiyah khususnya Lembaga Penanggulangan Bencana atau MDMC sebagaimana peran yang selama ini dijalankan diharapkan dapat meringankan saudara-saudara yang tertimpa musibah Semeru dengan semestinya.

“Kami berharap pemerintah pusat, provinsi, dan daerah setempat dengan sigap dapat melakukan langkah-langkah mitigasi yang seksama. Kepada semua warga di Lumajang dan sekitar Gunung Semeru agar tetap waspada dan saling menggalang kebersamaan,” imbuh Haedar.

Terakhir, Haedar juga berpesan agar seluruh komponen  bangsa agar semakin memperkuat solidaritas dan saling membantu. Para elite dituntut keprihatinannya dan sikap empati atas banyak musibah di negeri ini.  

“Semoga bangsa Indonesia dilindungi Allah dalam menjalani kehidupan yang tidak ringan saat ini, sehingga dapat mengatasi pandemi, musibah, dan masalah yang dihadapi,” tutup Haedar. 

Sebelumnya, situasi mencekam terjadi di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang, menyusul erupsi Gunung Semeru disertai muntahan awan panas, Sabtu (4/12).
Seorang warga melaporkan situasi di desa tersebut berubah gelap gulita sesaat setelah Semeru meletus pukul 15.00 WIB.

"Minta doanya, kami berada di desa Sumberwuluh, Candipuro, sekarang jam 15.00 WIB Gunung Semeru meletus, keadaan sekarang ini gelap gulita," kata seorang warga.

Dalam keadaan gelap, warga kemudian berbondong-bondong menyelamatkan diri ke balai desa dan masjid setempat.

"Allahu Akbar, ya Allah paringi selamet (tuhan berilah keselamatan)" ucap dia.

sinpo

Komentar: