Gunung Semeru Erupsi, Dasco Kirim Doa Untuk Keselamatan Warga Lumajang

Laporan: Farez
Sabtu, 04 Desember 2021 | 23:10 WIB
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad/SinPo
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad/SinPo

SinPo.id - Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad menyampaikan keprihatinannya atas kejadian erupsi Gunung Semeru.

"Kami sampaikan prihatin dan duka cita yang mendalam bagi masyarakat Lumajang, Jawa Timur yang terdampak dan berada diradius erupsi," ujar Dasco dalam keterangan tertulisnya, Minggu (4/12).

Dasco meminta kepada pemerintah, BNPB, TNI/Polri dan stakeholder terkait untuk melakukan langkah-langkah cepat guna menanggulangi musibah ini.

"Terutama melakukan penyelamatan dan evakuasi bagi para warga yang ada di sekitar Gunung Semeru," ujarnya.

Ketua harian DPP Partai Gerindra ini menyarankan, untuk segera dibuat posko-posko darurat, menyediakan kebutuhan pokok, baik sandang dan pangan serta obat-obatan yang diperlukan oleh para warga.

"Kami meminta kepada masyarakat agar tetap waspada. Semoga musibah ini segera berlalu dan kita semua diberikan kekuatan serta ketabahan oleh-Nya, khususnya bagi masyarakat Lumajang, Jawa Timur yang terdampak," tandasnya.

Sebelumnya, Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan, tanda-tanda Gunung Semeru meningkat aktivitasnya telah terlihat sejak Sabtu (4/12) dini hari.Menurut Thoriq, sejak pukul 00.00 WIB dan pukul 01.00 WIB lava pijar telah dilaporkan terjadi di Gunung Semeru.

"Kalau berkenaan dengan lava pijar mulai sejak semalam 24.00 WIB (00.00 WIB), jam 01.00 WIB sudah mulai intensitasnya sering ya," ujar Thoriq.

Dia menuturkan, erupsi-erupsi kecil sebenarnya sering terjadi di Semeru. Hal itu disebabkan Gunung Semeru merupakan gunung api aktif. Akan tetapi, kejadian erupsi kecil disebutkannya telah terjadi sejak Jumat (3/12) hingga Sabtu sore ini.

“Tapi tadi malam hingga sore tadi erupsi-erupsi kecil sering terjadi. Tetapi, hingga tadi pagi kita lakukan pemantauan tadi aman-aman saja. Dan begitu terjadi hujan yang dimulai siang tadi hingga sore ini kemudian secara tiba-tiba ada awan turun dari Semeru. Hingga saat ini kondisinya gelap di beberapa kecamatan," tandasnya.sinpo

Komentar: