Mahasiswi Bunuh Diri Di Pusara Ayah, Propam Periksa Oknum Polisi Kekasih Novia

Laporan: Samsudin
Sabtu, 04 Desember 2021 | 16:31 WIB
Diduga curhatan Novia di akun Quora @AuliaDinarmaraPutriR/net
Diduga curhatan Novia di akun Quora @AuliaDinarmaraPutriR/net

SinPo.id - Aksi bunuh diri Novia Widyasari Rahayu (23), mahasiswa cantik perguruan tinggi negeri di Malang di pusara ayahnya di Dusun Sugihan, Desa Japan, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Jatim jadi sorotan publik. Pasalnya mahasiswi cantik ini disebut-sebut sedang ada masalah dengan kekasihnya yang merupakan anggota polisi.

Kapolres Mojokerto AKBP Apip Ginanjar membenarkan jika anggota polisi berinisial R merupakan kekasih Novia. Diketahui R merupakan anggota Polres Pasuruan.

"Keduanya memang terlibat hubungan asmara. Saat ini tim dari Polres dan Polda jatim sedang melakukan pendalaman terhadap anggota tersebut," katanya, Sabtu (4/12).

Kapolres menambahkan, pihaknya langsung melakukan penyelidikan terhadap kematian Novia. Penyelidikan dilakukan meski dipastikan jika Novia bunuh diri minum racun di dekat makam ayahnya yang tidak jauh dari rumahnya.

Saat olah tempat kejadian perkara, petugas menemukan satu botol minuman dan tiga butir potasium yang telah diminum.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Gatot Repli Handoko yang dikonfirmasi perihal kasus itu menyebut Polres Mojokerto telah menanganinya.

"Untuk kasus dugaan bunuh diri itu memang benar adanya. Saat ini pun sudah ditangani," ujar Gatot mengutip VOI, Sabtu (4/12).

Sementara untuk dugaan keterlibatan anggota Polri yang disebut menjadi motif di balik aksi bunuh diri itu masih didalami. Anggota Polri yang disebut berinisial R itu sedang diperiksa Porpam Polda Jawa Timur.

"Sudah ditangani Propam Polda Jatim. Apakah ada kaitannya dengan kasus ini atau tidak. Pemeriksaan untuk mencari atau apakah dia (oknum polisi) berkaitan dengan dugaan pemerkosaan," sambungnya.

Gatot menerangkan, hasil penyelidikan sementara belum ditemukan fakta antara penyebab korban meninggal dunia dengan unggahan yang viral di media sosial. Sebagaimana diisukan bahwa Novia Widyasari Rahayu merupakan korban perkosaan.

"Itu belum ada kaitannya menurut kami, cuman kami tetap akan mendalami dari yang bersangkutan (polisi itu)," ujar dia.

Gatot menerangkan, tidak hanya kekasih korban yang diperiksa terkait kasus dugaan pemerkosaan dan bunuh diri ini. Polisi juga memeriksa pihak-pihak lain yang disebut dalam percakapan yang viral itu.

"Betul semua yang disebut di dalam media sosial kita lakukan pemeriksaan dan klarifikasi. Kita sudah bentuk tim untuk penanganannya," ujar dia.

Novia Diduga Korban Pemerkosaan

Pasca berita kematian Novia, media sosial diramaikan dengan tagar #SAVENOVIAWIDYASARI. Diduga Novia mengakhiri hidupnya karena depresi lantaran diperkosa pacarnya yang berinisial R hingga hamil dan dipaksa aborsi.

Akun Twitter @belawsz menceritakan, Novia pernah menelepon temannya berinisial AN. Di sana Novia menceritakan semuanya.

“Dia menceritakan dari awal kejadian dia dibawa ke penginapan oleh R (pacar NW), lalu diberi obat dan dipaksa minum obat itu, setelah itu dia tertidur. Sekitar 4 bulan kejadian ini dia menyadari bahwa dia hamil, dan lgsg lapor ke R” cuit akun @belawsz

Mengetahui hal itu, R membujuk Novia untuk menggugurkan kandungannya, tapi Novia enggan. Akhirnya R hilang kabar dan Novia berinisiatif melaporkan masalah ini ke orang tua R.

Orang tua R sempat mengaku akan bertanggung jawab. Namun, kemudian sikap itu berubah, mereka menyatakan enggan menikahkan R dengan NW.

“Sesampainya di rumah korban, orang tua Randy menyampaikan hal yang sangat berbeda jauh. To the point, “Bu mohon maaf kalau R dan N belum bisa jika secepatnya ke jenjang serius karena posisi R masih punya kakak yang belum menikah, dan R masih awal jadi p*lisi” lanjut cuitnya.

Tak cuma itu, R bahkan mencekokinya dengan obat penggugur kandungan hingga Novia harus dirawat di rumah sakit.

Selain itu, saat ia menceritakan masalahnya ke keluarganya, seorang paman yang kerap ia sapa “mas” justru menyalahkan Novia. Setiap hari ia memaki Nova dan mengancam akan membunuhnya karena dianggap telah mempermalukan keluarga.

Sementara di akun Quoranya @AuliaDinarmaraPutriR, ia mengungkapkan kekecewaan yang amat sangat, karena diduga diminta untuk menggugurkan kandungannya.

"Setelah mengadu kalo anaknya tiba-tiba memperkosa saya di dalam mobil. Setelah itu hamil. Pas hamil dirayu "DOSA SEKALIAN DOSA DEH, GUGURIN AJA." Tulisnya.

Ia juga mengungkapkan dengan tulisannya yang di Capslock tentang bagaimana ia diperlakukan usai proses aborsi yang ia alami.

" UDAH NGATUR NYURUH GUGURIN. PAS KEGUGURAN SAMPE SAYA RAWAT INAP 6HARI GA PERNAH DITANYA TIBA TIBA DIBUANG KYK SAMPAH. PAS DITANYA ITIKAD BAIKNYA DAN JANJINYA MANA. BILANG "URUSAN PRIBADIMU" SUNGKEM SAYA SAMA MANTAN CALON MERTUAAA. SUNGKEM" Tulis NW di Second Account Quoranya.sinpo

Komentar: