Hangat Reshuffle Rabu Pon! Moeldoko, Yasonna, Hingga Nadiem Diprediksi Terhempas

Laporan: Farez
Jumat, 03 Desember 2021 | 11:57 WIB
Jokowi diprediksi akan merombak kabinet pada 8 Desember Rabu Pon/net
Jokowi diprediksi akan merombak kabinet pada 8 Desember Rabu Pon/net

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan dalam waktu dekat ini akan merombak lagi kabinetnya. Selaras dengan itu, nama Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko diprediksi akan keluar dari Kabinet Indonesia Maju alias terkena reshuffle. 

Namun, tidak hanya Moeldoko seorang diri yang akan direshuffle, nama Menkes Budi Gunadi juga diprediksi bisa direshuffle oleh Jokowi.

Demikian antara lain prediksi Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin seperti disampaikan kepada wartawan Jakarta, Jumat siang (3/12).

"Moeldoko mungkin bisa saja kena reshuffle. Nama-nama lain yang layak direshuffle seperti Menkes," ujar Ujang Komarudin.

Bukan tanpa sebab dan alasan yang jelas, Moeldoko dan Budi akan direshuffle dari Kabinet Indonesia Maju. Selain kinerjanya yang dinilai oleh publik masih kurang, sosok keduanya kerap membuat kontroversi dan blunder bagi pemerintah.

"Tapi semua tergantung Jokowi, karena itu hak prerogatif Presiden," kata Dosen Ilmu Politik Universitas Al-Azhar Indonesia ini.

Ujang juga menilai Menkumham Yasonna Laoly, Menkop dan UKM Teten Masduki serta Mendikbud-Ristek Nadiem Makarim masuk dalam daftar Menteri yang sangar layak direshuffle oleh Jokowi.

"Menkumham, Menkop dan UKM, Mendikbud layak direshuffle. Namun semuanya Jokowi yang tahu," kata Ujang Komarudin.sinpo

Komentar: