Grebek Lumpur Di Jakarta Barat Upaya Pencegahan Banjir

Laporan: Rahmat
Minggu, 17 Oktober 2021 | 17:10 WIB
Petugas grebek lumpur Jakarta Barat sedang membersihkan saluran air untuk mencegah banjir/ SinPo
Petugas grebek lumpur Jakarta Barat sedang membersihkan saluran air untuk mencegah banjir/ SinPo

SinPo.id - Antisipasi banjir, pemerintah kota Jakarta Barat bersama Sudin sumber daya air dan lingkungan hidup melakukan grebek lumpur disaluran air penghubung di jalan Mohammad Mansyur, Tambora, Jakarta Barat, Minggu pagi (17/10).

Saluran air sepanjang 200 meter ini dibersihkan lantaran menjadi salah satu masalah timbulnya genangan air dan banjir di ruas jalan Mohammad Mansyur.

Upaya Pemprov DKI Jakarta dalam persiapan menghadapi banjir terus dilakukan.

Selain melakukan grebek lumpur di aliran sungai dan kali, Pemprov juga melakukan pengerukan dan pembersihan lumpur dan sampah di sejumlah saluran air penghubung.

Salah satunya saluran air penghubung di jalan KH Mohammad Mansyur, Tambora, Jakarta Barat.

Saluran air sepanjang 200 meter ini akan dibersihkan secara manual oleh tim dari sudin sumber daya air, ppsu dan lingkungan hidup agar saluran air penghubung dapat menampung volume air lebih banyak.

Selain itu, pemerintah kota Jakarta Barat melibatkan elemen masyarakat agar nantinya dapat menjaga agar tidak membuang sampah ke dalam saluran penghubung.

Dalam grebek lumpur ini, sebanyak 10 unit mobil truk pengangkut sampah juga dikerahkan untuk mengangkut lumpur dan sampah dari dalam saluran air penghubung.

Grebek lumpur di saluran air penghubung ini diharapkan dapat memaksimalkan upaya Pemprov DKI Jakarta dalam mengantisipasi terjadinya banjir. Sehingga aliran air tidak tersumbat dan membanjiri pemukiman warga dan juga ruas jalan di Jakarta.sinpo

Komentar: