4 Bus Peziarah Tabrakan Beruntun di Tol Tangerang-Merak Tewaskan Seorang Sopir

Laporan: Samsudin
Minggu, 17 Oktober 2021 | 16:31 WIB
Kecelakaan beruntun bus rombongan peziarah di Tol Tangerang-Merak, Sabtu (16/10)/Ist
Kecelakaan beruntun bus rombongan peziarah di Tol Tangerang-Merak, Sabtu (16/10)/Ist

SinPo.id - Kecelakaan di Tol Tangerang-Merak kembali terjadi. Kali ini bahkan melibatkan empat kendaraan bus rombongan peziarah. Akibat insiden ini, seorang sopir tewas di tempat, sementara 19 penumpang mengalami luka.

Tabrakan di KM 69 Tol Merak (sisi arah merak) yang terjadi pada Sabtu, (16/10) sekira pukul 08.00 WIB itu melibatkan empat bus dari Perusahaan Otobus (PO) Komara bernopol masing-masing A-7516-ZM, A-7516-ZA, A-7517-ZM, dan A-7537-ZA.

Brigadir Dirga personel Subdit Gakkum Laka Lantas Ditlantas Polda Banten mengatakan, dugaan awal yang menyebabkan kecelakaan adalah antar bus pariwisata tidak menjaga jarak ideal dalam berkendara.

"Akibat kecelakaan ini, seorang supir meninggal dunia dan 19 orang lainnya luka-luka dan telah dievakuasi di RS Sari Asih Serang," ujar Dirga.

Adapun kronologis singkat kecelakaan tersebut berawal dari saat bus pertama mengurangi kecepatan. Dan bus kedua tidak mengantisipasi sehingga menabrak bus pertama, dilanjutkan dengan bus ketiga dan keempat.

"Kami datang ke lokasi kejadian dan telah melakukan olah TKP awal dan evakuasi kendaraan, selanjutnya kami menginput data laka dari tempat kejadian perkara di Integrated Road Safety Management System (IRSMS), yaitu Sistem Manajemen Keselamatan Jalan terintegrasi yang dirancang untuk menyediakan data kecelakaan yang komprehensif dapat diverifikasi, kini penyidikan terkait kasus laka tersebut ditangani penyidik Ditlantas Polda Banten," ungkap Dirga.

Sementara Kabidhumas Polda Banten AKBP Shinto Silitonga menyampaikan turut berduka cita atas meninggalnya salah satu supir bus dalam kecelakaan tersebut. Ia mengimbau kepada masyarakat untuk disiplin dalam berkendara.

"Sekiranya agar pengendara disiplin dan mematuhi rambu peringatan saat berkendara terutama di jalan tol. Dan jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas. Jaga keselamatan karena keluarga menanti di rumah," tutup Shinto.sinpo

Komentar: